JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Ikrar Suci Pegawai Balittra

Pagi itu ruang rapat I Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra) yang biasanya sunyi menjadi penuh sesak. Sebanyak 120 pegawai negeri sipil (PNS) Balittra berbaris rapi sambil memegang map merah di depan dada. Dipandu Ir Smith Simatupang MT mereka berikrar bersama menjadi PNS yang berintegritas.

Ikrar yang sakral itu lalu dilanjutkan penandatanganan 8 butir Pakta Integritas yang disaksikan Kepala Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa, Dr. Haris Syahbuddin, DEA. Itu kali kedua para PNS di lingkup Balittra berikrar suci melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. ?Pengucapan dan penandatangan Pakta Integritas hanya bentuk penegasan diri kita untuk menjadi PNS yang berintegritas. Integritas yang sesungguhnya ada di dalam diri masing-masing karena merupakan fitrah setiap manusia,? kata Haris dalam arahannya.

Menurut Haris, dalam bahasa sederhana integritas berarti kesesuaian antara tindakan dengan? nilai dan prinsip yang diyakini kebenarannya. ?Keyakinan akan kebenaran itu fitrah manusia. Karena setiap orang (dari yang baik hingga yang jahat, red) sebetulnya memiliki kecenderungan pada kebenaran,? tutur Haris. Tugas manusia ialah menumbuhkan kecenderungan pada kebenaran agar dominan dalam pikiran, ucapan, dan tindakan.

Manusia ?mempunyai integritas? bila tindakannya sesuai dengan apa yang dipikirkan dan diucapkan. Pada konteks PNS, tingkat integritas sangat menentukan maju mundurnya institusi tempatnya bekerja. Bahkan lebih luas lagi karena menentukan masa depan negara. ?Pada jenjang lebih tinggi ikrar integritas juga dilanjutkan dengan ikrar kinerja,? kata Haris.

Sementara dalam bahasa agama, integritas dapat diartikan sebagai keimanan. Ya, iman pun secara sederhana berarti diyakini?kebenarannya?di dalam pikiran dan hati, diucapkan dengan mulut, dan dilakukan dengan tindakan nyata. ?Setiap umat agama apapun, tentu meyakini keimanan adalah pondasi utama dalam diri manusia,? kata Haris. Karena itu memupuk integritas dalam kehidupan sehari-hari serupa dengan meningkatkan keimanan dalam diri.

Penandatanganan pakta integritas pada Selasa, 07 Februari 2012 itu lalu dilanjutkan dengan sosialisasi berbagai keputusan yang baru dikeluarkan Kepala Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa. Sosialisasi dihadiri oleh seluruh pegawai Balittra agar semua pegawai paham tugas pokok dan fungsinya masing-masing serta dapat saling membantu dalam menjalankan tugas. ?Pembagian tugas bukan untuk memisahkan, tapi untuk menegaskan tanggungjawab masing-masing. Sementara pelaksanaan teknis dapat saling membantu,? kata Haris.***

Foto: suasana pembacaan ikrar