JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pesan Memasuki Tahun 2018

 PESAN MEMASUKI TAHUN 2018

Rapat Koordinasi Lingkup Bbsdlp dan Hari Pangan Sedunia 

 

 

Memasuki awal tahun 2018 patut kita tengok ke belakang ada beberapa hal yang menarik dari Rapat Koordinasi (Rakoor) Lingkup Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) dari tanggal 17 sampai 18 Desember 2017 yang lalu. Rakoor yang dikhadiri Kepala Balai Besar, Kepala Balai Tanah, Kepala Balai Klimat, Kepala Balittra, para pejabat struktural, Profesor Riset, peneliti senior lingkup BBSDLP diselenggarakan selama dua hari di Hotel Rodhita Banjarbaru. Pada hari pertama 17 Desember malam diadakan Pembukaan dan Laporan Panitia serta Sambutan dan Arahan Kepala BBSDLP, Prof (Riset). Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr.

 

Pada hari kedua 18 Desember ada 2 (dua) Sesi sidang. Pada Sesi I pagi hingga siang dikemukakan tentang Perubahan Indikator Kinerja lingkup BBSDLP 2018 disampaikan oleh Kabid PE (diwakili Staf); Peta Jabatan disampaikan oleh KaBag TU BBSDLP; Perencanaan Penelitian K4S 2018 disampaikan oleh Kabid KSPHP BBSDLP; tentang Rencana Kegiatan Mitigasi Perubahan Iklim oleh Dr. Ai Dariah, dan rencana kegiatan Adapatasi Perubahan Iklim oleh Dr. Popi Rejekiningrum. Pada Sesi II siang hingga sore dikemukakan tentang Rencana masing-masing Balai (Balitanah, Balittra, Baliklimat, dan Balingtan), Rencana Kegiatan Pekan Pertanian Rawa Nasional (PPRN) II, dan Rencana Seminar Internasional. Dalam kesempatan Sesi II khadir dari DInas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Propinsi Kalsel yang diwakili Kabid Infrastruktur Pertanian dan dari Bappeda Propinsi Kalsel khadir sebanyak 2 (dua) orang Staf.

 

  

 

Dalam kesempatan diatas Kepala BBSDLP mengatakan bahwa ada beberapa perubahan mendasar diperlukan terutama dalam upaya mencapai target-target yang telah direncanakan baik dalam kegiatan maupun karier sebagai peneliti. Dua hal yang ditekankan yaitu (1) disiplin dan (2) kerjasama (network). Kerjasama dalam berbagai aspek, termasuk kegiatan penelitian- apalagi menyangkut implementasi di lapang yang sering dihadapkan banyak hal bahkan diluar bidang aspek yang menjadi pokok utama. Dalam rangka persiapan PPRN II yang dikaitkan dengan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 yang diamanahkan untuk dilaksanakan oleh Pemda Kalsel sebagaimana dikatakan Kepala BBSDLP, koordinasi dan sinkronisasi antara BALITTRA dengan DINAS PERTANIAN dan segenap Satuan Kerja Pemenrintah Daerah (SKPD) Kalsel. Rencana HPS 2018 diselenggarakan pada bulan Oktober 2018 dengan lokus diseminasi Rawa Lebak di Kabupaten Banjar. Kunjungan pertama persiapan untuk lokus diseminasi oleh Tim Dirjen Prasara dan Sarana Pertanian (PSP) bersama Tim Daerah (BALITTRA, BPTP Kalsel, Dinas Pertanian Prov. Kalsel) telah dilaksanakan pada 29 Desember 2017 lalu. (Prof (R). Dr. Ir. Muhammad Noor, MS, m_ noor_balittra@yahoo.co.id)