JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Siswa Smkn 2 Kotabaru Program Kimia Analisis

Siswa Smkn 2 Kotabaru Program Kimia Analisis

Kunjungi Laboratorium Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

 

 

Kamis, 25 Januari 2018, sebanyak 50 orang siswa SMKN 2 Kotabaru, program keahlian kimia analisis berserta 10 guru pendamping, kunjungi Laboratorium Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa di Jalan Kebun Karet Loktabat Utara Banjarbaru. Menurut guru pendamping mereka, tujuan dari kegiatan tersebut adalah sebagai pengenalan dunia usaha dan industri dan untuk mengetahui peran kimia analisis dalam dunia industri.

 

Para siswa dan guru pendamping tersebut disambut oleh Kepala Seksi Jasa Penenelitian Bapak Ir. Muhammad. Sebelum mengunjungi laboratorium, para siswa terlebih dahulu berkumpul di aula Balai Penelitian Pertanian Lahan rawa, untuk mendengarkan pemaparan materi oleh salah satu manager laboratorium Balittra adalah Dr. Arifin Fahmi. Materi yang disampaikan adalah “Peran Analisis Kimia Bagi Penelitian dan pengembangan Pertanian”. Disampaikan lebih lanjut bahwa keberhasilan pertanian sangat ditentukan oleh keadaan lingkungannya. Faktor lingkungan yang mempengaruhi terhadap hasil pertanian diantaranya keadaan tanahnya. Melalui analisis laboratorium kita dapat pengetahui kandungan unsur hara pada tanahnya, pH tanah, unsur yang beracun bagi tanaman. Pada laboratorium Balittra, selain melakukananalisis analisis tanah, juga dapat menganalisis air, analisis mikrobiologi, analisis jaringan tanaman serta analisis pupuk.

 

Selanjutnya para siswa mengunjungi laboratorium. Dilaboratorium ini, meraka dapat melihat berbagai peralatan laboratorium dan mengetahui cara kerja alat tersebut. Selamat dan Sukses untuk siswa program keahlian kimia analisis. (Muhammad Saleh, saleh_duransyah@yahoo.co.id )