JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pembangunan Pertanian Dalam Perspektif

Pembangunan Pertanian Dalam Perspektif

Meniti Menjadikan Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia  

 

 

Pada awal bulan Pebruari 2018, tepatnya tanggal 5  telah diadakan pertemuan khusus dalam rangka merealisasikan apa yang digagas oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, yaitu disusunnya dalam buku “bunga rampai” tentang perkembangan pertanian meliputi apa yang telah dilakukan , yang belum dilakukan, dan yang akan dilakukan Kementerian Pertanian dalam tidak tangung-tanggung sebanyak 20 buku. Rencana tersebut di mulai sejak 2017 lalu, namun baru dihasilkan sebanyak 9 buku dan pada tahun 2018 ini  disusul 11 buku. Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc. dalam pertemuan di atas.

 

Dalam pertemuan diatas 11 buku yang masing-masing mempunyai koordinator menyampaikan outline yang dijaidkan acuan. Salah satu buku yang disusun mengenai tentang lahan rawa. Suatu kebanggaan bagi BALITTRA karena lahan rawa mendapatkan perhatian khusus Menteri Pertanian. Perhatian ini menurut penulis dapat dilihat berkenannya Menteri Pertanian sejak tahun 2015 datang ke lahan rawa untuk panen raya. Paling tidak se pengetahuan penulis dalam 2 tahun terakhir ini ada empat kali kunjungan Menteri Pertaniian melakukan panen raya di lahan rawa, yaitu (1) pada 10 Agustus 2015 panen raya di lahan rawa pasang surut di Desa Karang Buah, Kab Barito Kuala, Kalsel (2) sesudah sehari pada tanggal 11 Agustus panen raya di lahan rawa pasang surut Desa Terusan Mulia, Kab. Kapuas, Kalteng; (3) pada tanggal 2 Oktober 2015  panen raya padi di lahan rawa lebak Desa Hambuku Hulu, Kab. HSU, Kalsel; dan (4) pada tanggal 5 November 2017 panen raya padi di lahan rawa lebak Desa Banua Hanyar, Kab. HSS, Kalsel.

 

Rencana buku tentang rawa yang ditulis diatas dipimpin oleh Dr. Trip Alihamsyah yang sudah tidak asing lagi dengan pengalamannya di lahan rawa yang juga mantan Kepala BALITTRA, dibantu beberapa orang peneliti senior antara lain Dr. Ir. Hermanto, Dr. Ir. IGM. Subiksa, Dr. Ir. Wayan Swastika; Dr. Ir. Agus Muharram dan penulis. Diharapkan buku ini akan dapat launching pada bulan April 2018. (Prof (R). Dr. Ir. Muhammad Noor, MS, m_ noor_balittra@yahoo.co.id)