JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BUKU IKLIM-Kementan ”Jurus Menghadapi Iklim Ekstrim El-Nino dan La-Nina"

BUKU IKLIM-Kementan Jurus Menghadapi Iklim Ekstrim El-Nino dan La-Nina"

 

 

 

Pada 5 Pebruari 2018 lalu, Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc. mengundang para peneliti senior dan profesor riset Balitbangtan dalam pertemuan untuk membicarakan pesan Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman tentang penyusun sembila buku, salah satunya adalah tentang Iklim yang diberi judul Jurus Menghadapi Iklim Ekstrim El-Nino dan La-Nina. Pada tanggal 14-16 Maret tim penulis yang terdiri dari Prof. Fahmuddin Agus,  Prof. Irsal Las, Prof. M. Noor, Dr. Bambang Irawan, Dr. Ai Dariah, Dr. Elza Sumarni dan beberapa Staf Biroren telah menyelesaikan final draft yang kemudian akan dicermati oleh Tim Redaksi atau Tim Penyelaras.

Buku tentang Iklim ini disusun dalam 5 Bab Utama. Bab I Pendahuluan mengemukakan tentang iklim ektrim yang kejadiannya berulang semakin rapat dan dampaknya yang semakin kuat, luas, dan muti aspek dengan spektrum yang semakin kompleks meliputi dampak meteriologis, klimatologis, hidrologis, produktivitas dan produksi pangan nasional. Bab II mengemukakan tentang pengalaman dan pembelajaran dalam menyikapi ikim ektrim La-Nina maupun El-Nino, termasuk filosofi pendekatan baik dalam referensi kitab suci, termasuk negara lain seperti Australia dan Indoensia sendiri. Bab III menguraikan tentang jurus atau strategi yang perlu ditempuh dalam menghadapi iklim ekstrim. Bab IV menguraikan tentang teknologi dan cara-cara yang disebut dengan “Sistem Pertanian Cerdas Iklim” yang dapat dijadikan referensi dalam mengantisipasi, meredam, mengatasi, dan memulihkan pasca terjadinya iklim ekstrim. Terakhir Bab V membicarakan tentang regulasi dan kebijakan dalam menyikapi atau mengantisipasi, menghadapi dan menindaki sebagai pemulihan terhadap pasca kejadian iklim ekstrim.

Rencananya buku tentang iklim ini akan direlies atau launching oleh Menteri Pertanian pada akhir April 2018 bersama-sama delapan buku lainnya sebagai pelengkap dari 11 buku Kementan yang telah terbit tahun 2017 lalu. (Prof (R). Dr. Ir. Muhammad Noor, MS, m_ noor_balittra@yahoo.co.id)