JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mahasiswa Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Biologi Kunjungi Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Mahasiswa Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Biologi

Kunjungi Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

 

 

Akhir April 2018, Sebanyak 21 orang mahasiswa Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Biologi Universitas Lambung Mangkurat mengunjungi Balittra. Para mahasiswa tersebut merupakan peserta dari mata kuliah Flora Kalimantan.v Menurut dosen mata kuliah tersebut, kunjungan ini merupakan praktek pengenalan langsung terhadap flora-flora endemik yang ada di Kalimantan. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa diberi tugas untuk mendeskripsi morfologi dari tanaman tanaman tersebut. Bertempat di ruang rapat I Balittra, para mahasiswa disambut oleh Muhammad Saleh yang merupakan peneliti pemuliaan tanaman. Mereka diberi pengantar tentang ekosistem lahan rawa yang meliputi lahan rawa lebak dan lahan rawa pasang serta keragaman flora yang ada pada ekosistem tersebut.

 

Selanjutnya para mahasiswa tersebut dibawa kebun Percobaan Banjarbaru tepatnya di kebun koleksi tanaman buah eksotik lahan rawa, untuk mendeskripsi morfologi tanaman yang ada pada kebunkoleksi tersebut. Diantaranya :

a.    kelompok durio yaitu Durian Likol dan Pampaken (lay),

b.    kelompok nephelium : rambutan, maritam, pitanak, mata kucing, siwau,

c.    kelompok arthocarpus : Tarap, Kupuan

d.    kelompok garcinia : manggis ganal, manggis Banjar dan Manggis Palembang

e.    Kelompok mangefera : Kasturi

f.     Kelompok baucarea : Rambai

g.    kelompok buah eksotis lainnya : balangkasua (ginalun), Buah Mentega.

h.    Kelompok dioscorea : Kalang kala, jambu mawar

 

Selain mengunjungi kebun koleksi tanaman buah eksotik lahan rawa, para mahasiswa juga diberi kesempatan mengunjungi rumah kawat dan rumah kasa. Pada rumah kawat mereka mengenal beberapa koleksi tanaman seperti kacang hijau, kacang tanah, bengkuang dan Jelai serta penjelasan mengenai morfologi dan proses pertumbuhan dari vegetative sampai generatif. Sedang pada rumah kasa mereka dapat mengenal berbagai tanaman empun empun (kunyit, lengkuas, kencur dan lain lain, juga tanaman obat seperti kumis kucing, kelor, kecibling, serai wangi dan lain lain. Menurut mereka, kunjungan ini sangat menarik, karena ada beberapa komoditas tanaman yang mereka kenal hanya lewat literatur, tapi sekarang sudah melihat tanamannya langsung. (Muhammad Saleh, saleh_duransyah@yahoo.co.id )