JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peningkatan Peran Profesor Riset dalam Mewujudkan Pembangunan Pertanian

WORKSHOP FORUM KOMUNIKASI PROFESOR RISET ke VII

"Peningkatan Peran Profesor Riset dalam Mewujudkan Pembangunan Pertanian"

 

 

 

Workshop Forum Komunikasi Profesor Riset (FKPR) VII dilangsungkan di Kampus Pertanian Cimanggu, tepatnya Pusat Penelitian Perkebunan, Jl. Tentara Pelajar, Cimanggu, Bogor pada Awal Mei 2018. Workshop dibuka dan sekaligus arahan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian. Workshop dikhadiri sekitar 100 peneliti utama dan profesor riset (PR), tidak saja PR yang masih aktif, tetapi juga yang sudah purna tugas sehingga ada suasana reuni atau “temu kangen” diantara para profesor riset. Dari BALITTRA berkesempatan khadir Prof. Dr. Ir. M. Noor, MS. dan Prof. Dr. Ir. Masganti, MS yang masing-masing juga menyampaikan policy brief.

 

Dalam Workshop hari pertama, dikemukakan dan dibahas tentang Arah & Kebijakan Pembinaan Peneliti, Strategi dan Kebijakan Trasformasi Pertanian 2020-2024, Pertimbangan Ilmiah tentang RUU SISNAS  IPTEK, dan Strategi menghadapi Pemberlakuan PP No 11 Tahun 2017 tentang ASN, dan Analisis Beban tugas Profesor Riset.

 

Dalam Workshop hari kedua, dikemukakan dan dibahas tentang Policy Brief (PB) dari masing-masing Peneliti Utama/Profesor Riset. Sekitar 40-50 naskah PB dikemukakan dan dibahas yang dikelompokkan dalam tiga sidang komisi masing-masing membahas sekitar 12-15 naskah PB. Naskah dibahas secara mendalam dan akan diterbitkan dalam bentuk buku kumpulan naskah policy brief dan/atau ragam pemikiran kebijakan dalam peningkatan pembangunan pertanian ke depan. Berangkat dari ragam pemikiran dan policy brief yang telah disusun menunjukkan bahwa sektor pertanian ke depan masih menghadapi banyak masalah yang perlu diperbaiki baik komoditas pangan, hortikultura, perkebunan maupun tanaman lainnya seperti tanaman hias, Juga selain infrastruktur, juga sarana produksi dan kelembagaan petani serta kelembagaan pendukung terkait dengan ekspor dan pemasaran. Rencana seluruh naskah policy brief setelah diperbaiki akan diterbitkan menjadi buku kumpulan PB dan Ragam Pemikiran seperti tahun 2017 yang lalu.(Prof (R). Dr. Ir. Muhammad Noor, MS, m_ noor_balittra@yahoo.co.id)