JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Serap Gabah Petani (Sergap) Gencar

 Serap Gabah Petani (Sergap) Gencar

Stok Beras Gudang Bulog Kabupaten Tapin berbinar

 

Program Serap Gabah (Sergab) yang dicanangkan oleh pemerintah dilaksanakan untuk stabilkan harga jual gabah di petani. Untuk mengisi cadangan beras pemerintah sekaligus menjaga harga gabah tidak jatuh menjelang anen raya atau saat panen raya, pemerintah melalui Tim Sergab melakukan pembelian langsung gabah petani di lapangan. Penyerapan gabah sangat penting untuk memperkuat cadangan beras pemerintah yang disimpan di gudang Bulog. Menurut Pieter Bahara, Kepala Gudang Bulog Kabupaten Tapin, sejak serap gabah  digelar gudang Bulog Kabupaten Tapin  telah menyerap beras dari petani melalui mitra Bulog sebanyak 2.280 ton dari lahan sawah wilayah Kabupaten Tapin dan sebagian wilayah Kabupaten Barabai dan Kandangan yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan Gudang Bulog Kabupaten Tapin, dan diperkirakan sampai menjelang lebaran total beras yang terserap akan mencapai 3.000 ton, sesuai dengan kapasitas tampung gudang yang dikelolanya.

 

Hal tersebut diamini Kapten Inf. Yanto Harsono Pasiter Kodim 1010/Rantau, yang selalu mendampingi dan memantau Sergap untuk wilayah Kabupaten Tapin, karena target awal  sergap Kabupaten Tapin sampai akhir Mei 2018 sebesar 1.000 ton, sedangkan kenyataannya sampai tanggal 24 Mei 2108 total beras yang sudah disetor mitra Bulog ke Gudang Bulog Kabupaten Tapin sudah mencapai 2.280 ton. Kerjasama yang baik antara Bulog dan mitranya serta pendampingan yang dilakukan oleh TNI merupakan kunci kelancaran serapan gabah di Kabupaten Tapin. Mesin pengering gabah dengan kapasitas 9.000 ton/hari yang ada di Gudang Bulog mulai tahun ini dapat digunakan oleh mitra, sehingga problem pengeringan gabah yang selama ini dihadapi mitra terutama saat panen raya sudah dapat diatasi, ungkap Rahman pemilik salah satu mitra bulog di Kabupaten Tapin, dengan kondisi tersebut dia dapat mengirim beras ke Gudang Bulog mencapai 60 ton/minggu. Rata-rata beras yang dikirim oleh mitra bulog Kabupaten Tapin 80 ton/hari, walaupun kadang-kadang juga mencapai 150 ton dalam satu hari.

 

Mitra Bulog yang secara rutin menyerap gabah petani untuk disimpan di Gudang Bulog Kabupaten Tapin adalah CV. Rahman, CV. Surya, CV. Harapan Masa, penggilingan padi Haji Salam, penggilingan padi Haji Sarowani. Berkat pendampingan yang dilakukan oleh TNI khususnya Kodim 1010/Rantau secara rutin serap gabah di Kabupaten Tapin berjalan sangat lancar dengan capaian melampaui target sergap yang direncanakan. Kebijakan harga beras yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar Rp. 8.030,- masih sangat menguntungkan karena dengan adanya jaminan kontinuitas pemasokan beras ke Gudang Bulog tersebut,  perputaran modal mitra bulog pemasok beras yang terlibat program sergap menjadi sangat lancar. C’est bien ca,…! (Ir. Hendri Sosiawan, CESA, hsosiawan30@gmail.com)