JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Menjaring Masalah dan Solusi Masalah SDL Pertanian Ke Depan

KONSINYASI PENYUSUNAN POLICY BRIEF LINGKUP BALAI BESAR LITBANG SDLP

Menjaring Masalah dan Solusi Masalah SDL Pertanian Ke Depan

 

 

Penyusunan Policy Brief (PB) lingkup Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan Pertanian baru-baru ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 6 sampai 7 Desember 2018. Tema dan judul yang disusun sebelumnya telah didiskusikan secara panjang lebar di Banjarbaru dan Bogor. Brief secara harfiah diartikan celana dalam pendek, tetapi yang dimaksudkan dalam hal ini adalah keterangan atau uraian pendek. Jadi Policy Brief diartikan sebagai dokumen singkat tentang rekomendasi dari hasil suatu kegiatan penelitian atau penyidikan. Dalam prakteknya, PB diartikan juga sebagai tinjaun atau tanggapan kritis terhadap kebijakan-kebijakan yang telah diberlakukan atau ditetapkan. 

 

Dalam kegiatan konsinyasi penyusunan BP diatas hadir para peneliti utama, profesor riset, dan/atau kepala balai atau yang mewakili. Konsinyasi diikuti sekitar 20 peserta, termasuk Tim Evaluator atau nara sumber yaitu Prof. Dr. Irsal Las. BALITTRA khaadir dengan jumlah terebsar sebanyak delapan peneliti yang terdiri dari Prof. Dr. Masganti, MS.; Prof. Dr. M. Noor, MS.; Dr. Mukhlis, Dr. Khairil Anwar, Ir. R. Smith Simatupang, MS.; Ir. Yanti Rina, MS.;  Ir. M. Saleh, MS., dan Sudirman Umar, B.Sc.

 

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian telah mengamanatkan kepada peneliti utama untuk membuat atau menyusun 2 (dua) naskah dalam 1 atau 2 tahun terkait dengan pengembangan pertanian. Dalam pertemuan diatas telah disusun sebanyak sekitar 17 naskah policy brief dari BALITTRA, tidak termasuk dari BBSDLP, Balai Tanah, Baliklimat, dan Balingtan. Hal yang penting dikemukakan adalah semangat untuk mengkritisi kebijakan-kebijkan di lingkup BBSDLP maupun Badan Litbang Pertanian masih tinggi, artinya para peneliti masih aktif memperhatikan dan mencermati kondisi yang terjadi di dunia pertanian umumnya dan sumber daya lahan khususnya.(Prof (R). Dr. Ir. Muhammad Noor, MSm_ noor_balittra@yahoo.co.id)