JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pengelolaan Lahan Berkarakter Khusus

DISKUSI ANALISIS KEBIJAKAN

Pengelolaan Lahan Berkarakter Khusus

 

 

 

Tim Analisis dan kebijakan (Anjak) Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan (BBSDLP) melakukan diskusi tentang rencana Penyusunan Buku Bunga Rampai mengangkat judul Optimalisasi Lahan Berkarakter Khusus dari Kamis tanggal 28 Februari sampai Jumat tanggal 1 Maret 2019 di Hotel Lor In Sentul, Bogor. Pertemuan dikhadiri sekitar 16 para Peneliti Utama dan Profesor Riset, termasuk nara sumber Prof. Dr. Irsal Las, MS. Jumlah peneliti utama dan Profesor Riset yang tergabung dalam Anjak BBSDLP berjumlah sekitar 25 orang, namun karena bersamaan dengan kegiatan acara FGD Iklim di Yogyakarta, maka sebagian yang tergabung dalam Tim Anjak tidak bisa khadir.

 

Kegiatan Anjak 2019 bergeser dari tahun-tahun sebelumnya yang semula diarahkan pada penyusunan Policy Brief menjadi Buku Bunga Rampai. Policy Brief dianggap tidak banyak memberikan manfaat dan dampak baik terhadap tugas dan fungsi peneliti maupun perkembangan pembangunan pertanian. Tim anjak yang khadir dalam kegiatan diatas antara lain Prof. Dr. Irsal Las, Prof. Masganti, Prof. M. Noor, Prof. Rasti Saraswati, Dr. Ir. Sukarman, Dr. Markus Anda, Dr. Nono Sutrisno, Dr. Wiwik Hartatik, Dr. Mamat HS, Ir. A.Kasno , MSi, Dr. Irawan, MS, Dr. Erna Suryani, MSi, Dr. Nani Heryani, MS, Dr. Umi Haryati, MS., Ir. Anny Mulyani, MS, dan Ir. RS. Simatupang, MS. Juga khadir Kepala (Plt) BBSDLP sebagai pengarah yang diwakili oleh Kepala Bidang KSPHP (Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian), Dr. Yiyi Sulaeman. Beberapa peneliti utama tidak bisa khadir karena bersamaan waktu dengan kegiatan lain, namun diberi kesempatan untuk mengajukan paper atas naskah untuk mengisi buku yang rencana diterbitkan.

 

Dalam pertemun diatas selain disepakati tentang judul diatas, juga berhasil dikumpulkan 25 judul dan outline sementara sebagai bagian yang akan mengisi buku tersebut diatas antra ain terkait dengan teknologi pengelolaan lahan berpirit, tanah vulkanik, tanah berpasir, pasang surut bukaan baru, lebak dangkal, lahan salin, lahan kering beriklim kering, areal bukaan baru, lahan kering masam, lahan bekas tambang, berkarakter khusus, tanah hitam, lahan berbatu, tanah liat beraktivitas rendah, lahan tercemar, dan lahan gambut terdegradasi, hemat air, dan lainnya. Dalam arahannya Kepala (Plt) BBSDLP yang diwakili Kepala Bidang KSPHP menyampaikan tentang masalah-masalah yang dihadapi dan perlu disikapi dalam kaitannya sumber daya lahan pertanian, yaitu terkait dengan Program Serasi atau “Selamatkan Rawa dan Sejahterakan Petani; tahun dikenalkannya Era Indutri 4.0; dicanangkannya Lumbung Pangan Dunia (LPD) tahun 2045; Kesatuan atau Sistem Basis Data SDL, termasuk peta yang masih debatable, dan lain sebagainya. Kegiatan Anjak ditutup dengan terkumpulnya sebanyak 23 judul beserta outline sebagai bagian dari buku, termasuk prolog sebagai pembukaan dan epilog untuk penutup.(Prof (R). Dr. Ir. Muhammad Noor, MSm_ noor_balittra@yahoo.co.id)