JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Potensi SDM yang Belum Sepenuhnya Diberdayakan

PENGUKUHAN PENGURUS HIMPENINDO WILAYAH KALIMANTAN SELATAN 2019-2024

Potensi SDM yang Belum Sepenuhnya Diberdayakan  

 

 

 

 

Himpunan Peneliti Indonesia disingkat HIMPENINDO, boleh dipandang sebagai organisasi baru yang beranggota khusus yaitu peneliti sehingga bersifat sebagai organisasi profesi seperti organisasi yang lain misalnya IDI (Ikatan Dokter Indonesia), PII (Persatuan Insinyur Indonesia) dan sejenisnya.   Himpenindo sejak berdiri tahun 2013 terus mengalami transpormasi dan berkembang dengan lingkup organisasi berbasis wilayah sehingga mempunyai aset dari pusat (ibu kota), provinsi, sampai kabupaten/kota. Lingkup keanggotaan cukup besar meliputi 11 lembaga penelitian yang ada di Kementerian, 4  lembaga penelitian negara khusus (LIPI, LAPAN, BATAN, BPPT), 1 lembaga negara yang berada di Badan Keahlian DPR RI, dan Pemerintah Daerah (Balitbangda) yang berada di provinsi/kabupaten/kota. Sebaran Himpenindo berdasarkan AD/ART 2018 ada di 33 wilayah. Organisasi ini bersifat terbuka baik bagi ASN (Aparat Sipil Negara) dulu disebut PNS (Pegawai Negara Sipil) maupun non ASN (swasta), sinergi (antar lembaga), profesioanal, dan independen.

 

 

 

Pada Hari Senin, tanggal 4 Maret 2019 yang lalu telah dikukuhkan berdirinya Himpenindo Wilayah Kalimantan Selatan sekaligus dilantiknya Kepengurusan Himpenindo Wilayah Kalimantan Selatan Periode 2019-2024 oleh Himpenindo Pusat, Ir. Syahrir Ika, MM yang didampingi  Dr. Trina Fizzanty (Koordinator Divisi Organisasi dan Keanggotaan Pusat) dan Ely Eliah, MM. (Sekretariat Pusat). Pengukuhan sedianya dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan, namun kemudian diwakili oleh staf ahli gubernur bidang ekonomi dan pembangunan, Ir, Ahmad Supiani, M.P. Juga hadir Kepala Badan Peneliitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kalimantan Selatan, Kepala Balai LLitbang Rawa (Kementerian PUPR), Kepala Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rektor Uniska, dan beberapa pejabat daerah dan perguruang tinggi serta peneliti yang tergabung dalam Hipenindo Kalimantan Selatan. Merupakan suau kebanggaan karena Himpenindo Kalimantan Selatan merupakan wilayah provinsi yang pertama dikukuhkan.

 

 

 

Menurut Prof. Dr. Ir. Masganti, MS. dari Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (BALITTRA), yang baru dikukuhkan sebagai Ketua Himpenindo Provinsi Kalimantan Selatan 2019-2024, jumlah anggota sementara Himpenindo Wilayah Kalimantan Selatan terdapat sebanyak 139 peneliti yang berada di 10 lembaga penelitian antara lain BALITTRA (Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa), BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Provinsi Kalsel, BALITBANG LHK, BALITBANGDA Kalsel, Balitbang Rawa; Balai Penelitian Arkeologi Kalsel, Balai Bahasa Kalsel; Balitbang Kesehatan Tanah Bumbu, Balai Riset dan Standarisasi Industri Banjarbaru, dan Balai Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo.

 

Belum banyak orang yang mengenal secara sungguh-sungguh tentang pekerjaan peneliti atau penelitian. Pekerjaan sebagai peneliti memang belum populer di masyarakat.  Padahal pekerjaan ini sangat melekat dalam berbagai aspek kehidupan baik ekonomi, sosial, politik, bahkan kebijakan dan meliputi berbagai bidang kegiatan kehidupan antara lain pertanian, kehutanan, lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan, keagamaan, kebahasaan, kepurbakalaan bahkan kepolisian dan keamanan dan pertahanan. Kepengurusan Himpenindo Kalimantan Selatan 2019-2024 diduduki sebanyak 48 personil yang dibagi dalam enam bidang kepengurusan, yaitu (1) bidang organisasi dan keanggotaan; (2) Humkum, HM, kekayaan intelektual dan advokasi, (3) penegakan integritas dan etika peneliti, (4) sinsergi antar lembaga penelittian, (5) komunikasi dan informasi, dan (6)penjamania mutu peneliti dan penelitian. Sebuah kepengurusan yang cukup gemuk. Namun upaya diatas perlu diappresiasi dan dibanggakan dengan harapan semoga sumber daya manusia peneliti ini dapat diberdayagunakan secara optimal oleh Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dalam penderasan pembangunan wilayah Kalimantan Selatan. Selamat dan Semoga Sukses.Aamiin(Prof (R). Dr. Ir. Muhammad Noor, MSm_ noor_balittra@yahoo.co.id)