JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Konsolidasi Peneliti, Teknisi, dan Dataser Petani

PENYUSUNAN dan SOSIALISASI JUKNIS #SERASI

Konsolidasi Peneliti, Teknisi, dan Dataser Petani

 

   

 

Dalam pelaksanaan kegiatan Program #Serasi dituntut adanya petunjuk teknis Juknis) dari masing-masing komponen teknologi terkait dengan teknis di lapangan seperti teknologi pengelolaan air, penataan lahan dan penyiapan lahan, budidaya padi, budidaya itik Alabio, budidaya ikan dan sebagainya, Demikian juga, tentang pengembangan kapasitas petani dan kelembagaan dalam penguatan kapasista spetani dan kelembagaan petani, Berkaitan dengan sosialisasi petunjuk teniks (juknis) diatas oleh Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan (BBSDLP) diadakan pertemuan dalam bentuk diskusi kelompok (FGD) yang diselenggarakan pada Kamis dan Jumat, tanggal 2 dan 3 Agustus lalu di Aula Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (BALITTRA).

 

 

 

Kegiatan sosialisasi diatas dibuka oleh Kepala BBSDLP yang baru, yaitu Dr. Husnain, SP. M.Sc. Didamping oleh Kepada BALITTRA, Ir. Hendri Sosiaswan, CESA, dan Kepala BPTP Kalsel, Dr. Ir. M. Yasin, MS. Pertemuan dikhadiri sekitar 80 orang peserta terdiri dari peneliti, penyuluh, perekayasa Balai-balai yang terlibat, dan dataser yang bertugas mendampingi petani  di lokasi Prorgram #Serasi Kalimantan Selartan. Juga khadir sekretaris dinas mewakili Kepala Dinas Pertanian TPH Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, bapak  Ir. M. Arsyad, MS. Juga khadir Kepala Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi (Baliklmat), Kepala Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan), Kepala Balai Penelitian Sayur-sayuran (Balitsa). Khadir juga dari FKPR, Dr. Mamat HS, Dr. Trip Alihamsyah, dan Prof.  Irsal Las.

 

 

Dalam kegiatan sosialisasi  diatas dihadirkan pembicara (nara) sumber dari masing-masing  koordinator bidang kegiatan/komoditas untuk budidaya padi disampaikan Dr. Wulan dari BB Padi; penggunaan alsintan disampaikan Dr. Lilik; untuk  dari BB Mektan; pengelolaan air disampaikan Dr. Ahid; budidaya sayuran oleh Prof. Yusdar Hilman bersama Dr. Catur; budidaya ikan disampaikan oleh Ir. Retna dari BPTP Kalsel; dan budidaya itik Alabio oleh Dr. Maijon Purba dari Balitnak; kelembagaan korporsai oleh Dr. Herman dan Dr. Rudy.  Setelah diskusi di kelas dilanjutkan ke lapangan lokasi Demplot Serasi di Desa Jejangkit Muara, Kab. Barito Kuala.=Dalam arahannya Kepala BBSDLP mengatakan bahwa program #Serasi merupakan program Kementerian Pertanian yang diunggulkan sehingga selalu dipantau secara langsung. Oleh karena itu harus sukses dan mencapai tujuannya, termasuk hidup dan berkembangnya ekonmi petani.. Keberhasilan Program #Serasi ini harus memperoleh tidak hanya output dalam bentuk hasil produksi (antara lain padi, sayur, ikan, dan itik), tetapi juga outcome dalam bentuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.(Prof (R). Dr. Ir. Muhammad N oor, MSm_ noor_balittra@yahoo.co.id)