Rabu, 01 Februari 2023
Foto Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan IT Kostratani di BPP Tapin Tengah

Sosialisasi dan Pelatihan IT Kostratani di BPP Tapin Tengah

Tapin Tengah (12/08/2020) telah dilaksanakan acara Sosialisasi dan Pelatihan IT Kostratani untuk BPP Tapin Tengah selaku binaan Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra). Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini meliputi untuk mensosialisasikan tentang model Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kostratani dan pelatihan IT untuk operator yang berhubungan dengan pelaporan kegiatan utama Kementerian Pertanian (Kementan), E-RDKK, Simluhtan, dan Cyber Extension yang semuanya terkoneksi dengan Agriculture War Room (AWR) Kementan. 

Acara dihadiri Kepala Balittra beserta beberapa jajaran struktural dan juga peneliti dan staf IT, Dinas Pertanian Tapin yang diwakili oleh Bapak Ansyari, Sekcam Tapin Tengah, Kades Hiyung, Danramil yang diwakili Babinsa, Koordinator BPP Tapin Tengah Bapak Achmad Husin, S.P beserta PPL yang berjumlah 11 orang. dalam kondisi pendemi covid-19 seperti ini, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan meskipun dalam keterbatasan tempat dan fasilitas. 

Dalam sambutannya, Dr. Yiyi Sulaeman, S.P, M.Sc selaku Kepala Balittra mengatakan bahwa Balittra mendapat tugas membina 2 BPP yang akan dijadikan model BPP Konstratani, salah satunya adalah BPP Tapin Tengah. Disampaikan alasan BPP Tapin Tengah terpilih menjadi binaan Balittra untuk menjadi model BPP Kostratani, karena pada tahun 2020 Balittra sudah mendampingi BPP Tapin Tengah dalam pelaksanaan program utama Kementan di Kabupaten Tapin, semangat penyuluhnya, ketersediaan jaringan listrik serta fasilitas IT.

BPP Tapin Tengah memang tepat untuk dijadikan model BPP Kostratani karena persyaratan terpenuhi. Hanya kendala utama yang dihadapi di BPP Tapin Tengah adalah keterbatasan jaringan internet, seperti yang disampaikan oleh Bapak Ansyari. Disampaikan juga bahwa Desa Hiyung dimana BPP Tapin Tengah berada merupakan pusat penghasil cabai Hiyung yang cukup terkenal karena tingkat kepedasannya tergolong tertinggi dibandingkan jenis cabai rawit lainnya. Pak Ansyari juga menyarankan agar BPP membuat unit pelayanan ekonomi yang nantinya bisa menjadi sumber penghasilan tambahan BPP.

Materi disampaikan terlebih dahulu oleh Ir. Koesrini, MP (Peneliti Balittra) dengan judul “Strategi Pembinaan Model BPP Kostratani 2020" yang merupakan materi TOT yang disampaikan oleh Ka Badan PPSDMP pada 10 Agustus 2020 secara virtual. Dalam pemaparan materinya disampaikan tentang tujuan pembangunan pertanian, yaitu :

(1) Menyediakan pangan bagi 267 juta jiwa,

(2) Meningkatkan kesejahteraan petani, dan

(3) Meningkatkan ekspor.

Dalam kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang ini, tujuan pembangunan pertanian harus tetap tercapai, meskipun dengan keterbatasan anggaran. Untuk itu perlu adanya strategi dengan peningkatan peran BPP menjadi model BPP Kostratani dimana mengkoneksikan semua data di BPP ke AWR Kementan.

Hasil diskusi diantaranya adalah terkuaknya permasalahan bahwa untuk peralatan IT sudah cukup lengkap tersedia di BPP Tapin Tengah, yang menjadi kendala adalah koneksi jaringan internet yang tidak stabil, sehingga masih belum lancar koneksi ke AWR Kementan. Perlu dukungan Balittra dan Dinas Pertanian setempat untuk pemecahan masalah jaringan internet. Untuk memecahkan beberapa permasalahan dan kendala yang terjadi maka dilakukan praktek langsung yang dipandu oleh Dr. Wahida Annisa Yusuf, S.P, M.Sc (Peneliti Balittra) dengan dibantu Tim IT Balittra Yudha dan Yulian. 

Tim IT membantu untuk mengkoneksikan data laporan utama Kementan ke AWR dan sudah terhubung, cek E-RDKK sudah terinput tetapi masih akan ada revisi data, cek Simluhtan sudah terhubung dan untuk Cyber extension masih terkendala password, sehingga masih belum terbuka aplikasinya. Masih menjadi PR kemudian hari untuk bisa mengatasi kendala-kendala tersebut, namun setidaknya BPP Tapin Tengah sudah mulai menjalankan misi menuju pertanian modern berbasis IT. (VM)

#RawaBisa, #TapinForKostratani, #PetaniKaya, #RakyatMakmur

 

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN
Agro
Institusi Litbang