Rabu, 01 Februari 2023
Foto Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan IT Kostratani BPP Mandastana

Lanjutan Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan IT Kostratani, Siap-siap Kini Giliran BPP Mandastana

Mandastana (13/08/2020) sebagai lanjutan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan IT Kostratani sebelumnya, kini giliran BPP Mandastana yang akan mengikuti pelatihan. Materi maupun pelatihan yang dilakukan sama persis dengan kegiatan pelatihan sebelumnya di BPP Tapin Tengah, namun masing-masing lokasi BPP memiliki perbedaan permasalahan yang tentunya penyelesaian pun berbeda.

Tampak hadir Kepala Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa Dr. Yiyi Sulaeman, S.P, M.Sc; Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kabupaten Barito Kuala (Batola) Ir Murniati, MP.,  Kades Karang Indah Bapak Pardi, Danramil yang diwakili Babinsa, Koordinator BPP Mandastana Bapak Imam Supeno Marto Nani, S.P; beserta PPL yang berjumlah 9 orang. 

Kepala Balittra dalam sambutannya mengatakan bahwa Balittra mendapat tugas membina 2 BPP yang akan dijadikan model BPP Konstratani, salah satunya adalah BPP Mandastana. Yiyi menyampaikan bahwa ketahanan pangan menjadi masalah bersama baik warga sipil maupun non sipil, dan camat menjadi pemegang wilayah untuk kostratani, karena itu peran camat sangat penting dalam menunjang keberhasilan Kostratani di wilayahnya. Alasan BPP Mandastana terpilih menjadi binaan Balittra untuk menjadi model BPP Kostratani, karena pada tahun 2020 Balittra sudah mendampingi BPP Mandastana dalam pelaksanaan program utama Kementan di Kabupaten Barito Kuala, semangat penyuluhnya yang pantang menyerah, ketersediaan jaringan listrik meskipun fasilitas IT terbatas. 

Diwaktu yang sama, Ibu Murniati selaku Kadistan TPH Kabupaten Batola dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ada 17 BPP di Kabupaten Barito Kuala dan sudah menjadi kostratani ada 7 BPP tahun 2019 (BPP Anjir Pasar, BPP Anjir Muara, dan BPP Rantau Badauh), sedangkan tahun 2020 (BPP Tamban, BPP Jajangkit, BPP Cirebon, dan BPP Tabukan). Tugas Dinas Pertanian adalah untuk menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani. Untuk itu peran BPP sangat diperlukan dalam menunjang keberhasilan program di kabupaten. Disampaikan juga bahwa komoditas andalan di Kecamatan Mandastana adalah jeruk, Kecamatan Tamban adalah Nanas, dan Kecamatan Marabahan adalah jagung. Beliau menyarankan penguatan pasar, agar harga tidak dipermainkan oleh tengkulak.

Materi yang diberikan oleh Ir. Koesrini, MP (Peneliti Balittra) tetap sama dengan yang dilaksanakan di Tapin, yaitu “Strategi Pembinaan Model BPP Kostratani 2020" yang merupakan materi TOT yang disampaikan oleh Ka Badan PPSDMP pada 10 Agustus 2020 secara virtual. Yang membedakan adalah permasalahan yang terjadi pada masing-masing BPP. BPP Mandastana dari hasil diskusi terungkap bahwa untuk peralatan IT masih belum ada di BPP Mandastana, karena belum masuk Kostratani. Koordinator BPP menyampaikan permohonan kepada Distan TPH Batola dan juga Balittra untuk sekiranya dapat melengkapi fasilitas yang ada di BPP Mandastana baik dari segi fisik bangunan yang perlu ada renovasi dan perlengkapan IT serta jaringan internet pendukungnya. 

Sebagai puncak acara, adalah pelatihan IT Kostratani. Acara dipandu Ir. Muhammad (Kasie Jasa dan Penelitian Balittra) dengan dibantu tim IT Yudha dan Yulian. Tim IT membantu untuk mengkoneksikan data laporan utama Kementan ke AWR dan sudah terhubung, cek E-RDKK sudah terinput dan tidak ada koreksi, sehingga bisa dikirim ke AWR, cek Simluhtan dan melengkapi data yang masih belum lengkap dan sudah terhubung, untuk Cyber Extension masih terkendala password, sehingga masih belum terbuka aplikasinya. Untuk materi Cyber Extention disampaikan cara untuk login dan tahapan penggunaaan untuk baca dan unggah berita. Semangat untuk Tim BPP Mandastana, dalam keterbatasan bukan halangan untuk menjadi maju. Jayalah pertanian Indonesia. (VM)

#MandastanaForKostratani, #RawaBisa, #PetaniKaya, #RakyatSejahtera

 

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN
Agro
Institusi Litbang