Rabu, 01 Februari 2023

Sekolah Lapang Rawa: Modul #2 Pengendalian OPT

Talio Hulu, Pulangpisau (24/12/20). Hi RawaLover, Balittra kembali melakukan Sekolah Lapang Rawa yang dihadiri para ketua kelompok tani dan petani-petani jawara (superior farmers) di Desa Talio Hulu, Kec. Pandihbatu, Kab. Pulang Pisau.

Sekplah Lapang Rawa ini merupakan kelanjutan sekolah lapang rawa sebelumnya di tempat yang sama, yang mana pada saat itu tentang pengelolaan tata air mikro. Sesi 2 ini tentang pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT).

Dua ahli proteksi tanaman, yang keduanya adalah ahli peneliti utama turun langsung di lapangan berbagi pengalaman dan praktek pengendalian OPT. Mereka adalah Prof. Mukhlis dan Pak Saeful Asikin. Hadir juga ahli agronomi, Bu Koesrini dan Dr. Nurwahid sebagai Kasi Yantek yang mewakili Kepala Balittra.

Sekolah lapang rawa ini adalah salahsatu cara diseminasi teknologi pengelolaan lahan rawa yang tergolong efektif. Peserta ditunjukan kondisi lapangan, jenis OPT dan cara pengendaliannya. Tukar menukar pengalaman tentunya menjadi sesi yang menarik.

Peserta adalah para ketua kelompok tani, petani terpilih, dan para pendamping lapangan. Peserta selanjutnya menceritakan pengalaman dan pengetahuan dari sekolah lapang kepada para anggota kelompoknya. Best praktis pengendalian OPT ditampilkan di areal saaah seluas 38 ha.

Kegiatan ini merupakan kerjasama kemitraan antara Balittra dan Badan Restorasi Gambut.

 

 

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN
Agro
Institusi Litbang