Rabu, 01 Februari 2023

Seminar Proposal Penelitian dan Diseminasi Tahun Anggaran 2021

Banjarbaru (08/01/2020),

Hai #SobatRawa mengawali rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2021, Balittra telah melaksanakan Seminar Proposal Penelitian dan Diseminasi Tahun Anggaran 2021. Pada tahun ini, Balittra mempunyai 5 kegiatan Penelitian dan 4 kegiatan diseminasi.

Acara seminar dihadiri oleh Kepala Balittra, Pejabat Struktural,  serta seluruh Peneliti dan Litkayasa yang dimiliki Balittra.  “Ini adalah Balittra reborn” Kata Kepala Balittra, Dr. Yiyi Sulaeman, S.P, M.Sc., ketika membuka acara tersebut. Beliau berharap dengan sistem seminar yang baru ini, diharapkan proposal Penelitian dan Diseminasi Balittra akan semakin bagus. “Kenapa disebut sistem baru? Karena kali ini proposal penelitian dan diseminasi Balittra dievaluasi oleh tenaga ahli di bidangnya masing-masing baik dari perguruan tinggi maupun instansi terkait” Tambah Kepala Balittra yang namanya pernah masuk dalam jajaran 500 peneliti terbaik nasional versi Science and Technology Index (Sinta) tahun 2020 ini.  Beliau juga menambahkan bahwa penelitian dan diseminasi yang dibuat dengan main-main dan dinilai kurang oleh evaluator bisa saja akan dipangkas dananya.

Semiar proposal kali ini istimewa karena dilakukan secara hybrid, daring dan luring dengan menghadirkan pembahas yang merupakan ahli di bidangnya yaitu Prof. Salampak Dohong (UNPAR), Dr. Trip Alihamsyah (BB Mektan), Dr. Wirastuti Widyamantri (UGM), Dr. Mohammad Salahudin (IPB), Dr. Anne Nurbaity (UNPAD), Dr. Muhammad Achirul Nanda S.TP (UNPAD), Dr. Sri Nuryani H. Utami (UGM), Dr. Alina Akhdiya, S.Si., M.Si. (BB-Biogen), Dr. Edi Husen (Balittanah), Dr. Mamat H. Suwanda (BBSDLP), Dr. Wiwik Hartatik (Balittanah), Dr. Eka Tarwaca Susila Putra (UGM), Dr. Indrastuti April Rumanti (BB Padi), Prof. Masganti (Balittra), Prof. M. Noor (Balittra), Prof. Mukhlis (Balittra), dan Dr. Khairil Anwar (Balittra).

Pada penutupan acara, Kepala Balittra menekankan kembali bahwa Balittra reborn harus menghasilkan teknologi yang mempunyai daya ungkit yang besar dalam peningkatan produksi pertanian.”yang paling penting, saran dan masukan dari para pembahas harus segera  ditindaklanjuti dalam bentuk perbaikan proposal” Tutup Kepala Balai yang merupakan ahli pemetaan tanah digital ini. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas proposal Penelitian dan Diseminasi Balittra yang ujungnya dapat menghasilkan output untuk kemajuan pertanian, khususnya lahan rawa di Indonesia. #BravoBalittra #RawaBisa #InovasiuntukNegeri.

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN
Agro
Institusi Litbang