Senin, 14 Jun 2021

Temu Teknis Pustakawan Dan Pengelola Perpustakaan

Sebagai salah satu langkah meningkatkan kompetensi pustakawan dan kinerja pengelolaan perpustakaan di lingkup Kementerian Pertanian, setiap tahunnya PUSTAKA menyelenggarakan kegiatan Temu Teknis Pengelola Perpustakaan yang diikuti oleh pejabat fungsional pustakawan/petugas pengelola perpustakaan lingkup Kementerian Pertanian. Tahun ini Temu Teknis Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan juga melibatkan pustakawan dan pengelola perpustakaan khusus dari Kementerian dan Lembaga lainnya untuk memperkuat jejaring perpustakaan. Temu Teknis  bertema: Optimalisasi Pengembangan Perpustakaan Digital untuk Meningkatkan Daya Guna Informasi Pertanian.

TUJUAN

 

Kegiatan Temu Teknis bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pustakawan dan pengelola perpustakaan, meningkatkan kinerja pengelolaan perpustakaan digital dan meningkatkan kapasitas dalam penyediaan dan pelayanan informasi untuk meningkatkan daya guna informasi pertanian.

 

KELUARAN

  1. Tersosialisasinya arah pengembangan perpustakaan digital PUSTAKA Kementerian Pertanian
  2. Tersosialisasinya kebijakan sistem serah simpan karya cetak dan karya rekam di perpustakaan khusus dan perpustakaan pertanian
  3. Penguatan jejaring perpustakaan pertanian dengan perpustakaan khusus Indonesia
  4. Tersosialisasinya sistem pengelolaan repositori dan aplikasi INLISLite lingkup perpustakaan Kementerian Pertanian
  5. Terlaksananya bimbingan teknis pengelolaan repositori dan aplikasi INLISLite bagi seluruh pustakawan dan pengelola perpustakaan lingkup Kementan

 

SASARAN AKHIR

  1. Meningkatnya motivasi kinerja pustakawan dan pengelola perpustakaan dalam pengelolaan perpustakaan di lingkungan Kementerian Pertanian.
  2. Meningkatnya kompetensi pustakawan dan pengelola perpustakaan dalam pengelolaan perpustakaan digital.
  3. Meningkatnya pelayanan perpustakaan kementerian pertanian dalam mendukung kinerja pembangunan pertanian dan pelayanan kepada masyarakat luas.
  4. Implementasi sistem serah simpan karya cetak dan karya rekam lingkup Kementerian Pertanian
  5. Penguatan jejaring antar pustakawan dan antar perpustakaan khusus dalam rangka meningkatkan kinerja perpustakaan.

 

WAKTU DAN TEMPAT

Temu Teknis Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan Kementerian Pertanian diselenggarakan pada tanggal 23 – 25 Februari 2021 secara hybrid (luring dan daring). Tempat pelaksanaan kegiatan secara luring berlokasi di Hotel Novotel Bogor dengan jumlah peserta terbatas dan mengikuti protokol kesehatan.

 

PESERTA DAN NARASUMBER

Peserta berjumlah 150 orang mencakup pustakawan dan/atau tenaga teknis perpustakaan/pengelola perpustakaan lingkup Kementerian Pertanian dan beberapa kementerian lembaga, antara lain Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, DPR, BPPT, dan BKMG. Narasumber berasal dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Media Kernels Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi, serta Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian.

 

  1. Pembukaaan Temu teknis di buka langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Dr. Ir. Momon Rusmon, MS dalam sambutan tersebut beliau menyarankan Di era digital saat ini, generasi milenial (generasi yang lahir antara tahun 1981-1996) merupakan pengguna potensial perpustakaan. Mereka terbiasa mendapatkan informasi dan referensi dari media sosial dan jejaringan pertemanan. Oleh karenanya, perpustakaan harus memfasilitasi pemenuhan kebutuhan informasinya melalui berbagai media sosial.
  2. Perpustakaan wajib memahami karakteristik dan perilaku pemustakanya, sehingga mampu memenuhi kebutuhan mereka melalui berbagai inovasi layanan tanpa harus membangun teknologi baru, melainkan memanfaatkan teknologi yang telah tersedia, seperti platform sosial goodreads, instagram, twitter dsb dan Laporan Ketua panitia Kepala Pusat dan Penyebaran Teknologi Pertanian (Pustaka) Dr.Ir. Abdul Basit, M.S

Dari Balittra yang mengikuti Temu teknis adalah Dr. Maulia Aries Susanti, Murzani, S.Sos dan Sugianto, SE secara Daring selama 3 hari. Hari pertama di sampaikan materi tentang perpustakaan digital masa kini di sampaikan oleh Ismail, P,hD dari Media Kernels Indonesia, Sharing Session. Sistem Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam di Perpustakaan Khusus Di sampaikan oleh Sri Marganingsih, SH., MH. (Kepala Biro Hukum, Organisasi, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Perpusnas RI) dan Jejaring Perpustakaan Khusus Indonesia di sampaikan oleh Eka Meifrina Suminarsih, S.S., M.M.(Ketua Forum Perpustakaan Khusus Indonesia)

Hari ke dua di sampaikan materi tentang Grand Design Perpustakaan Digital Kementerian Pertanian oleh Irhamni Ali, S.Hum., MP. (Perpusnas RI),Sharing Session Pengelolaan Repositori di Kementerian Pertanian, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Kesehatan oleh Ifan Muttaqien, SP., MIT.(PUSTAKA)Chaidir Amir, S.Sos.,M.A (Perpustakaan Kemendikbud) Jeni Helen Chronika, SH (Perpustakaan Kemenkes) dan Evaluasi dan Praktek Pengelolaan Repositori oleh Tim PUSTAK Koordinator: Rahman Sujatman

Hari ke tiga di sampaikan materi tentang Paparan aplikasi perpustakaan oleh Rahman Sujatman, S.Kom Irfan Suhendra, S.IP.dan Edwin Setyalesmana, S.Kom, dan Praktek Migrasi Data oleh Tim TI PUSTAKA (Sugianto)

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN

Statistik Website

Hari Ini : 903
Kemarin : 899
Minggu Ini : 903
Bulan Ini : 17101
Total : 163331

  • Alamat IP Anda : 3.238.249.157

Sedang Online :

12
Online

Agro
Institusi Litbang