Senin, 14 Jun 2021

Bimtek Pengelolaan Air di Lahan Rawa

Kamis, 18 Maret 2021

Bimtek dilaksanakan di Dadahub A 5 dengan mengambil tempat Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Dadahup, Kecamatan Dadahup , Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Peserta berasal dari Sembilan Kelompok tani yang ada di sekitar wilayah tersebut.  Materi bimtek disampaikan oleh Peneliti Ahli Utama dari Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa, yaitu Bapak Dr. Khairil Anwar dengan tema “Pengelolaan air di lahan rawa’.

Undangan yang dibagikan tertera acara dimulai pada jam 9.00 pagi.  Tepat jam 8,00 panitia sampai dilokasi Bimtek, ternyata petani sudah lengkap dan siap untuk mengikuti Bimtek.  Hal ini menunjukkan bahwa para petani sangat antusias untuk mengikuti Bimtek tersebut. Sebelum mengikuti bimtek peserta diwajibkan mengisi lembaran lembaran yang dibagikan panitia untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta tentang pengelolaan air.

Acara dipandu oleh saudari Mala A, dengan memberi kesempatan kepada Kepala Balittra untuk menyampaikan sambutan dan arahannya, sekaligus membuka bimtek tersebut. Beliau mengawali dengan perkenalan dengan panitia bimtek dari Balittra, menurut beliau  bimtek ini merupakan kegiatan yang akan membantu petani , khususnya dalam pengelolaan pertanian untuk meningkatkan hasil yang didapatkan nanti.  Beliau mengenalkan Panca kelola lahan rawa merupakan teknologi dari Balittra dalam rangka pengelolaan lahan rawa agar hasil maksimal dapat tercapai diantaranya kelola lahan, kelola air.       

Selanjutnya sambutan dari yang mewakili Kepala BPP, dengan intisari ucapan terima kasih atas pelaksanaan Bimtek ini dan berharap agar peserta dapat mengambil manfaat dari kegiatan tersebut.  Agar bimtek berjalan lancar, panjat doa bagi semua peserta yang  dipandu oleh Bapak Ahmad Humaidi. 

Dengan gaya khasnya yang mudah dicerna,  Dr. Khairil Anwar menyampaikan meteri tentang pengelolan air dilahan rawa.  Beliau mengatakan air merupakan hal yang penting dalam budidaya padi di lahan rawa, kelebihan maupun kekurangan air, dapat menjadikan gagalnya pertanaman.  Beliau menyampaikan trik trik cara pengelolaan air, saat air berlebih maupun saat kekurangan air. Agar materi pengelolaan air dilahan rawa ini lebih kongret bagi peserta bimtek, mereka diajak kalapang unutk melihat teknesi Balittra yang sedang memasang pipa paralon untuk pengaturan keluar masuknya air.  (M. Saleh)

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN

Statistik Website

Hari Ini : 816
Kemarin : 899
Minggu Ini : 816
Bulan Ini : 17014
Total : 163244

  • Alamat IP Anda : 3.238.249.157

Sedang Online :

17
Online

Agro
Institusi Litbang