Minggu, 09 Mei 2021

Koordinasi dan Survey Awal Lokasi Penelitian RISTEK Gambut

Hi, RawaLover, Balittra menjajagi kerjasama dengan Pemda Kabupaten Palalawan, Provinsi Riau 23 Maret 2021. Kunjungan diawali di Dinas Pertanian yang diterima oleh Bapak Ahtar dan staf. Di Dinas ini, Kepala Balittra (Dr. Yiyi Sulaeman) menjelaskan program kegiatan dan produk riset terutama dalan upaya peningkatan produktivitas sawit rakyat di lahan rawa gambut. Sebaliknya, Pihak Dinas juga memaparkan kegiatan terkait. Kedua belah pihak bersepakat untuk sinergi program dan sinkronisasi data, yang mana hal terakhir ini penting untuk perencanaan dan pemantauan.

Masih di Komplek Pemda Palalawan, Tim Balittra melanjutkan ke Dinas Ketahanan Pangan. Di sini, tim diterima oleh Kabid Tanaman Pangan, Sekretaris Dinas, dan staf. Kembali, Kepala Balittra memperkenalkan Balittra dan program-programnya dan disambut oleh Pihak Dinas dengan hal yang sama. Diskusi fokus kepada peningkatan produksi padi di lahan pasang surut dan pengelolaan lahan padang surut. Selain itu, budidaya porang juga banyak dibahas dan kemungkinan pengembangan di bawah tegakan tanaman sawit.

Kunjungan di akhiri di kantor Bapeda yang diterima langsung oleh Kepala Bapeda Kab Palalawan, Bapak Syahrul. Diskusi hangat juga terjadi namun pada perencanaan makro.

Setelah koordinasi selesai dilaksanakan, kemudian dilaksanakan survey awal yakni survey tanah dan hidrologi untuk melihat kondisi fisik wilayah penelitian. Survey tanah dilaksanakan untuk melihat kedalaman gambut, sedangkan survey hidrologi dilakukan untuk mengetahui kondisi pH, TDS, DHL, lebar saluran, kedalaman air pada saluran, batas air eksisting, dan batas air maksimum pada saluran di lahan sawit.

Tim Balittra yang hadir adalah Kepala Balittra (Dr. Yiyi Sulaeman), Koord Program (Dr. Eni Maftuah), dan Koord Kerjasama (Vicca Karolinoerita). Balittra akan membuat demplot riset di Sei Kijang dan di sawah pasang surut Teluk Meranti.* (yy)

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN

Statistik Website

Hari Ini : 222
Kemarin : 1164
Minggu Ini : 8128
Bulan Ini : 10261
Total : 117463

  • Alamat IP Anda : 3.210.184.142

Sedang Online :

7
Online

Agro
Institusi Litbang