Minggu, 09 Mei 2021

Kunjungan Kepala Badan SDM Kementan dan Rombongan ke Balittra

Banjarbaru. Sabtu, 3 April 2021

Balittra menerima kunjungan Bapak Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr. Beliau datang didampingi Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Dr.Ir. Leli Nuryati, M.Sc, Kepala Balai Besar Pelatihan Binuang Dr.Ir.,Yulia Asni Kurniawati, M.Si. beserta Kabag Umum Purnadi, SP, MP, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru Budi Santoso, S.St, M.Si. beserta salah satu pengajar Patmawati, SP, dan dua orang penyuluh Joko Samiyono, SP, MM dan Ir. Dwi Haryanti, M.Si. Pada kesempatan tersebut Bapak Ka Badan SDM diterima oleh Kepala Balittra Dr. Yiyi Sulaeman, SP., M.Sc. beserta pejabat struktural, Prof. Riset dan beberapa peneliti Balittra.


Kunjungan Prof. Dedi Nusrsyamsi ke Balittra diantaranya merupakan kunjungan nostalgia saat beliau menjadi Kepala Balittra. Pak Dedi (begitu biasa beliau disapa saat di Balittra) bercerita mengenai suka duka saat menjadi Kepala Balittra. Kejadian-kejadian lucu dan menegangkan saat beliau di Balittra menjadi topik hangat pada pertemuan siang itu. Pak Dedi bahkan masih terkesan hangat dengan ruangan Kepala Balai yang juga dulu ditempatinya, beliau sempat mengamati seisi ruangan dan memandangi foto bersama dirinya dan pejabat struktural Balitbangtan lainnya yang masih tergantung di dinding.
Tujuan lainnya dari kunjungan Bapak Kepala Badan SDM adalah untuk mengetahui teknologi terkini dan kegiatan penelitian Balitra. Pengelolaan lahan rawa untuk pertanian menjadi topik diskusi hangat, menyambung hasil kunjungan Bapak Ka Badan SDM beserta rombongan Sekjen Kementerian Pertanian ke kawasan food estate di Desa Bentuk Jaya Blok A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah pada Jumat 2 Maret 2021.


Selanjutnya Bapak Kepala Badan beserta rombongan juga berkesempatan meninjau pembangunan Sistem Tata Air Minipolder di kawasan Taman Sain Pertanian (TSP) Rawa. Pada kesempatan tersebut, Kepala Balittra menyampaikan proses pembangunan minipolder sebagai model pengelolaan air di lahan rawa lebak, serta rencana pemanfaatan polder untuk agroeduwisata. Bapak Kepala Badan SDM sangat terkesan dengan model pengelolaan air Sistem Minipolder tersebut juga rencana mengkombinasikan antara diseminasi dan pendidikan teknologi dengan eduwisata seperti yang ditampilkan di TSP Banjarbaru.
Kunjungan berakhir dengan foto bersama di depan dermaga yang masih tahap pembanguman. Bangunan dermaga ini terbuat dari kayu ulin dengan atap rumbia, sebagai sarana naik dan turun pengunjung TSP untuk menaiki jukung dan kareta air guna melihat-lihat teknologi tata air dan penataan lahan yang ditampilkan. (mas & yy)

 

Foto-foto kegiatan kunjungan dapat dilihat di link berikut : Kunjungan Kepala BPPSDMP Kementan

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN

Statistik Website

Hari Ini : 245
Kemarin : 1164
Minggu Ini : 8151
Bulan Ini : 10284
Total : 117486

  • Alamat IP Anda : 3.210.184.142

Sedang Online :

6
Online

Agro
Institusi Litbang