Rabu, 30 November 2022

Balittra Gelar Sekolah Lapang Pengelolaan Lahan Rawa Pasang Surut di Belanti Siam

Kamis, 17 Juni 2021, terlihat banyak para petani berkumpul dibawah kemah terpal dan  “Saung Agroinovasi Balittra” pada  Ray 19 desa Belanti Siam, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.  Tempat kegiatan  berada ditengah tengah hamparan hijaunya daun padi, dengan semilir nya hembusan angin yang masih segar  alamiah. 

Dengan tetap menjaga protokol Kesehatan, mereka dengan sangat antusias mengikuti sekolah lapang yang dilaksanakan oleh Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa. Sekolah lapang ini dilaksanakan dalam kegiatan Supervisi dan pendampingan program dan kegiatan utama  kementerian Pertanian, dengan misi agar teknologi-teknologi inovatif hasil dari para peneliti Balittra tersampaikan dan digunakan oleh petani. 

Sekolah lapang dihadiri sekitar 58 peserta, yang terdiri dari para petani, kepala desa, kepala Balittra, peneliti Balittra serta peneliti dari BBP Mekanisasi Pertanian. Materi yang disampai meliputi pengelolaan air di lahan rawa dengan narasumber Dr. Khairil Anwar dan materi tentang Panca Usaha Tani Lahan Rawa dengan nara sumber Dr. Wahida Annisa. Ibu Koesrini selaku pemandu acara, juga sekaligus membuka acara sekolah lapang  tersebut. 

Kepala Balittra dalam sambutannya mengatakan bahwa di tahun 2021 ini, Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa di minta untuk mendampingi kegiatan penanaman padi di kawasan food estate, yang pada tahun sebelumnya yaitu 2020, mendampingi kegiatan perikanan, khususnya kolam pekarangan dan keramba tancap. Dalam kegiatan pendampingan tanaman padi ini,akan diterapkan  beberapa teknologi inovatif Balittra, dengan harapan hasil padi akan lebih meningkat yang secara langsung akan berpengaruh terhadap pendapatan petani. Balittra akan mengawal beberapa kegiatan lapangan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Padi dan Balai Besar Mekanisasi Pertanian.        

Kepala Desa Belanti Siam yang juga ikut hadir dalam acara tersebut, berharap agar permasalahan petani yang ada dilapangan dapat di pecahkan pada acara tersebut. Dan sekaligus menyampaikan rasa terimakasihnya terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian, khususnya Balitrra. 

Materi Pengelolaan Air

Pengelolaan air pada lahan rawa merupakan kunci utama mendukung keberhasilan pertanaman padi di lahan rawa pasang surut. Ketersediaan air harus diatur sesuai dengan keperluan tanaman, kelebihan dan kekurangan air akan mempengaruhi hasil tanaman padi.  Selain itu juga kualitas air dan gerakan (keluar masuknya)  air akan mempengaruhi terhadap kondisi tanah, air, maupun pertumbuhan tanaman padi.

Dalam pengelolaan air ada beberapa hal yang menjadi perhatian :

  1. Pengaturan keluar masuknya air menggunakan teknologi elbow, melalui pemasangan pipa yang ada elbow, dapat mencegah masuknya air dari saluran sekunder ke lahan sawah, serta dapat membuang kelebihan air di sawah yang dkeluarkan ke saluran sekunder.
  2. Lahan yang mengalami kekeringan akan mengalami oksidasi pirit, sehingga apabila ada hujan, kualitas airnya jelek disebabkan tingginya kandungan besi dan hal ini menyebabkan keracunan pada tanaman padi.Perlu upaya untuk mencuci lahan dengan pengaturan air dilanjutkan dengan pemberian kapur dan abu sekam.
  3. Agar pergerakan air lancar, saluran sekunder dan tersier perlu dibersihkan secara periodic

Materi Panca Kelola Lahan Rawa

Lima komponen utama Teknologi Panca Kelola Lahan Rawa yang harus dikelola dengan baik agar produktivitas tanaman padi mencapai optimal, meliputi:

  1. Pengelolaan air
  2. Penataan lahan dan penyiapan lahan
  3. Ameliorasi dan pemupukan
  4. Penggunaan varietas adaptif berdaya hasil tinggi
  5. Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman

Dengan penerapan Teknogi Panca Kelola Lahan Rawa tersebut, diharapkan produktivitas tanaman padi dapat mencapai minimal 5 ton/ha. Acara sekolah lapang berlangsung dengan baik, peserta cukup antusias mengikuti kegiatan ini dan berdiskusi aktif dengan mengajukan pertanyaan, saran dan tanggapan.

Sukses petani rawa.  RAWA BISA… RAWA BISA… RAWA BISA. (M. Saleh)

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

 

Jam Pelayanan:

Senin 07.30–16.00
Selasa 07.30–16.00
Rabu 07.30–16.00
Kamis 07.30–16.00
Jumat 07.30–12.00, 13.30–16.30

KAN
Agro
Institusi Litbang