Jumat, 29 Oktober 2021

Pengendalian OPT dan Pengelolaan Air di Lahan Rawa, Tema Bimtek di Sentral Produksi Padi Kalimantan Tengah

Selasa, 21 September 2021

Bimtek dilaksanakan di saung lahan petani di Desa Terusan Raya, Kecamatan Bataguh, Kalimantan Tengah. Tepatnya di Ray 27, dengan peserta Bimtek yang terdiri dari petani koperator sebanyak 12 orang, petani non koperator 10 orang, ketua kelompok Tani, ketua Gapoktan, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), pengamat organisme tanaman, sekretaris desa, serta peneliti Balittra.

Lokasi bimtek merupakan sentral produksi padi, karena hampir seluruh masyarakatnya merupakan petani dengan komoditas utama padi. Seperti di daerah pertanian lainnya, hama dan penyakit tanaman merupakan salah satu kendala yang perlu mendapat perhatian serius selain pengelolaan airnya, sehingga Bimtek kali ini mengangkat tema tentang pengendalian organisme pengganggu tanaman yang disampaikan oleh Prof. Dr. Mukhlis dan tema tentang pengelolaan air di lahan rawa yang disampaikan oleh Prof. Dr. M.Noor.

Bimtek dibuka oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Balittra yang diwakili Dr. Izhar Kairullah, kemudian dilanjutkan sambutan oleh koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Bataguh. Agar kegiatan bimtek yang dilaksanakan penuh berkah, tidak lupa dipanjatkan doa yang dipimpin oleh salah seorang petani peserta sebelum pelaksanaan Bimtek.

Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan petani tentang materi bimtek, dilakukan pretest (tes awal) yaitu dengan membagikan kuesioner yang harus diisi oleh peserta bimtek. Materi pertama bimtek tentang pengelolaan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), khususnya pengendalian hama dan penyakit tanaman secara terpadu, disampaikan oleh Prof. Dr. Mukhlis. Menurut beliau dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman dilakukan secara terpadu, hal ini bertujuan agar lingkungan tetap aman, serta hasil yang dihasilkan juga aman (sehat). Hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan secara terpadu ini adalah menciptakan tanaman yang sehat. Ada beberapa komponen pengendalian secara terpadu ini diantaranya : penggunaan varietas unggul yang tahan terhadap hama dan penyakit tanaman, penggunaan pupuk yang berimbang, pengaturan waktu tanam harus serempak, pengendalian secara fisik/mekanik, penggunaan pestisida nabati, sedang pengendalian secara kimia  merupakan langkah terakhir. Selesai penyampaian materi pertama dilanjutkan dengan sesi diskusi.  Materi bimtek kedua disampaikan oleh Prof. Dr. M. Noor tentang pengelolaan air, yang dilanjutkan juga dengan sesi diskusi.

Pada sesi akhir pelaksanaan bimtek, untuk mengetahui sejauh mana materi yang disampaikan dapat dipahami oleh peserta bimtek, dilakukan post test.  Acara di akhiri dengan sesi foto bersama peserta bimtek dengan panitia dan seluruh tamu undangan lainnya. Rawa bisa (Muhammad Saleh).

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN
Agro
Institusi Litbang