Rabu, 05 Oktober 2022

Seminar Akhir Kegiatan Magang, Kepala Balittra Harapkan Mahasiswa Memiliki Karakter

#RawaBisa

(Kamis, 11 Agustus 2022). Balittra melaksanakan seminar akhir kegiatan magang Mahasiswa. Selama lima minggu sebanyak 5 orang Mahasiswa dari Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Univeristas Lambung Mangkurat (ULM) dan 2 orang Mahaiswa dari Organisasi Mahasiswa International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) Local Committee Universitas Lambung Mangkurat, melaksanakan program magang di Balittra.

Kegiatan seminar dihadiri oleh Kepala Balittra Agus Hasbianto PhD, Pejabat struktural Balittra, penasihat akademik ULM sekaligus pembimbing magang mahasiswa Nurlaela S.P., M.P., Koordinator Departemen Exchange IAAS LC ULM Anisa Septiarini, Peneliti-peneliti Balittra, serta Mahasiswa magang. Diawali dengan sambutan Kepala Balittra Agus Hasbianto, Ph.D. beliau berpesan kepada para mahasiswa untuk selalu memiliki semangat belajar yang tidak pernah berhenti. “Balittra sangat bangga dan merasa terhormat dipilih sebagai temat untuk belajar menambah ilmu dan pengalaman. Balittra siap membantu, semoga mahasiswa mendapatkan pengalaman dan ilmu pengetahuan” ujar beliau.

Selain itu beliau juga menyampaikan, agar kedepannya komunikasi dalam ilmu pengetahuan dan sosial terus terjalin dan tetap tersambung sampai kapanpun. Balittra merupakan institusi lembaga penelitian yang secara khusus memilih lahan rawa menjadi tempat yang digunakan untuk mengembangkan pertanian. Semoga mahasiswa mendapatkan cukup informasi selama melaksanakan praktik kerja.

3 kualitas yang diharapkan Balittra kepada para mahasiswa, yaitu: 1) disiplin, displin dalam mentaati peraturan ataupun menjalankan tugas, 2) kinerja, bagaimana mahasiswa bekerja melaksanakan tugas yang diberikan, 3) attitude, bagaimana mahasiswa berperilaku dan berinteraksi dengan sesama rekan, karyawan ataupun pembimbing. Semua mahasiswa telah memenuhi kriteria tersebut. Mahasiswa tidak hanya pasif menerima ilmu tapi juga mampu berdiskusi terhadap topik permasalahan yang diberikan

Selain itu dalam sambutannya beliau menyampaikan, ada hal penting yg didapatkan selain ilmu pengetahuan, yaitu karakter, bagaimana menjadi seorang peneliti atau pun pegawai, sehingga nantinya mahasiswa dapat menerapkannya dan akan menjadi dasar ketika masuk ke dunia kerja

Pembimbing akademik, Nurlaela, S.P., M.P., dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah menerima mahasiswa magang di Balittra. ULM khususnya Fakultas Pertanian sangat mendukung mahasiswa yang melakukan kegiatan penelitian di lahan rawa, karena sesuai dengan visi ULM, yaitu unggul dalam mendukung pertanian lahan basah. Kedepannya apa yang didapatkan di balittra dapat diterapkan dan mempersilahkan kepada para mahasiswa jika ingin melanjutkan praktik kerja sehingga dapat memperdalam ilmu di Balittra. Selain itu nantinya juga dapat dijadikan kegiatan penelitian pada penyusunan tugas akhir atau skripsi.

Dimoderatori oleh Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian Dr. Maulia, mahasiswa menyampaikan hasil kegiatan selama melaksanakan kegiatan praktik kerja. Hadir pula sebagai pembahas dalam kegiatan ini yaitu Dr. Yuli Lestari, Ir. M. Saleh, MP dan Ani Susilawati, M.Sc. yang memberikan masukan kepada para mahasiswa mengenai penulisan laporan dan kegiatan yang telah dilaksanakan.

#PertanianMajuMandiriModern
#Balittra

Facebook TwitterGoogle BookmarksLinkedin

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

Statistik Website

Hari Ini: 1492
Kemarin: 1910
Minggu ini: 5402
Bulan Ini: 8249
Total: 322540

Visitor Info

  • IP: 3.235.65.220

Sedang Online

22
Online

05-10-2022
KAN
Agro
Institusi Litbang