Rabu, 05 Oktober 2022

Penghargaan IRRI Jadi Kado Terindah Kemerdekaan ke-77 RI, Balittra Turut Serta Merayakannya

#RawaBisa

Kemerdekaan ke-77 tahun Republik Indonesia tahun ini patut disambut dengan suka cita.  Lembaga Internasional, International Rice Research Institute (IRRI) sebagai Pusat penelitian beras dunia memberikan penghargaan kepada Republik Indonesia karena selama tiga tahun terakhir mampu mencapai swasembada beras secara berturut-turut. Bapak Presiden Joko Widodo menerima secara langsung pengharagaan tersebut di Istana Kepresidenan Jakarta. Indonesia mencapai swasembada karena mampu memenuhi 90 persen kebutuhan beras sebagai pangan pokok domestik.

Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para petani, pemerintah daerah serta berbagai pihak yang telah bekerja keras sehingga ketersediaan pangan tetap terjaga dan Indonesia mendapatkan Certificate of Aknowledgement dari lembaga penelitian padi terpercaya di tingkat internasional, IRRI. IRRI yang berjejaring dengan lembaga-lembaga dunia lainnya berisikan peneliti-peneliti hebat yang hari ini memberikan justifikasi bahwa ketahanan pangan Indonesia terbaik di dunia. Penghargaan internasional ini sungguh menjadi kado terbaik bagi Kementerian Pertanian di HUT ke-77 RI tahun ini.

Balittra sebagai bagian dari Kementerian Pertanian patut berbangga karena telah berperan aktif menghasilkan inovasi teknologi pertanian dan menjadi mitra petani dalam pembangunan pertanian di lahan rawa. Pencapaian swasembada pangan dan pengakuan dunia Internasional seolah menghapus penat perjalanan panjang menghasilkan inovasi teknologi, pendampingan petani, serta diseminasi tiada henti.

Euforia kebahagiaan terpancar pada wajah seluruh karyawan Balittra pada serangkaian kegiatan bersama merayakan HUT ke-77 RI. Di hari selasa 16 Agustus 2022 seluruh karyawan Balittra dan mahasiswa magang turut berpartisipasi dalam kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Perayaan kali ini digelar dengan melakukan beberapa kegiatan yaitu diantaranya jalan santai dan mengadakan lomba memindahkan air ke dalam botol.

Dibuka langsung oleh Kepala Balittra Agus Hasbianto, Ph.D. seluruh pegawai berjalan menuju rute yang telah ditetapkan. Pelaksanaan perayaan HUT RI ke-77 berfokus di Taman Sains Pertanian (TSP) Lahan Rawa yang memiliki luas 30 ha. Rute diawali dari depan kantor Balittra kemudian menuju Kantor Kebun yang berada di TSP Lahan Rawa.

Diiringi sorak sorai para peserta, acara berlangsung seru dan lancar. Kegiatan perayaan HUT RI yang selalu dilaksanakan setiap tahun selain untuk menumbuhkan semangat dan menumbuhkan cinta tanah air, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi sehingga hubungan antarpegawai harmonis dan menumbuhkan semangat kebersamaan. (MA)

#PertanianMajuMandiriModern
#Balittra

Facebook TwitterGoogle BookmarksLinkedin

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

Statistik Website

Hari Ini: 1361
Kemarin: 1910
Minggu ini: 5271
Bulan Ini: 8118
Total: 322409

Visitor Info

  • IP: 3.235.65.220

Sedang Online

20
Online

05-10-2022
KAN
Agro
Institusi Litbang