Rabu, 05 Oktober 2022

Kolaborasi Pemko Banjarbaru, Bank BNI dan Balittra Hasilkan Teknologi Budidaya Tanaman Purun

#RawaBisa

(Rabu, 7 September 2022) Berlokasi di TSP Lahan Rawa Banjarbaru, dilaksanakan kegiatan Penanaman Simbolis Tanaman Purun. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Pemko Banjarbaru dan Bank BNI dengan Balittra melalui program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan).

Kegiatan penanaman simbolis dihadiri langsung oleh Walikota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Arifin, S.H., M.H., Wakil Pimpinan BNI 09 Banjarmasin Kartiko Sri Wijayanto dan Kepala Balittra Agus Hasbianto, Ph.D.

Kegiatan kerjasama penelitian budidaya tanaman purun dilatarbelakangi oleh kondisi dimana para pengrajin tanaman purun di Kampung Purun selama ini mengambil bahan baku dari tanaman liar. Purun yang tumbuh liar pada umumnya kualitas dan kuantitasnya kurang memenuhi. Untuk menghasilkan purun yang berkualitas dan memenuhi keperluan perlu dilakukan budidaya yang menggunakan teknologi.

“Setidaknya penelitian ini akan dilanjutkan selama 1,5 Tahun kedepan” Ujar Kepala Balittra. Teknologi yang akan dihasilkan setidaknya tersiri dari 2 komponen yaitu populasi tanaman dan pemupukan. Populasi penting menjadi perhatian jika kedepannya tanaman purun akan dikembangkan oleh petani yang memiliki lahan rawa dengan tinggi muka air cukup dalam. Kedua komponen teknologi diharapkan mampu meningkatkan mutu tanaman.

Pemko Banjarbaru berharap penelitian Balittra akan dilanjutkan hingga dapat meningkatkan kualitas tanaman dari aspek warna dan kekuatanbatang. Selanjutnya dengan kegiatan kerjasama budidaya tanaman purun ini dapat memberikan kesejahteraan untuk masyarakat terutama petani sebagai produsen bahan baku.

Prospek pengrajin tanaman purun sangat menjanjikan, karena dengan adanya ragam produk yang bervariasi dapat menjadikan peminatnya bertambah banyak, selain untuk memenuhi permintaan di Kota Banjarbaru, juga memenuhi permintaan dari luar daerah.

#PertanianMajuMandiriModern
#Balittra

Facebook TwitterGoogle BookmarksLinkedin

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

Statistik Website

Hari Ini: 1466
Kemarin: 1910
Minggu ini: 5376
Bulan Ini: 8223
Total: 322514

Visitor Info

  • IP: 3.235.65.220

Sedang Online

24
Online

05-10-2022
KAN
Agro
Institusi Litbang