Rabu, 01 Februari 2023

Candi Laras Utara optimis menjadi Sentra Jeruk Siam Banjar Unggulan Kal-Sel, Siapa Takut!

#RawaBisa


(Kamis, 6 Oktober 2022) Hi #SobatRawa, Sebagai langkah sinergis dalam membumikan semangat BSIP #AgroSTANDAR : #Standard, #Services, #Globalization, Balittra aktif menjadi narasumber di berbagai kegiatan bimbingan teknis (bimtek).

Salah satunya, pada hari ini, Kamis 6 Oktober 2022, bertempat di BPP Candi Laras Utara Kab. Tapin, Dr. Mawardi (Subko Yantek Balittra) menjadi narasumber utama pada bimtek kerjasama antara Dinas Pertanian dan TPH Kab. Tapin dan Balittra terkait Budidaya Jeruk di Lahan Rawa. Bimbingan teknis yang dilaksanakan di BPP Candi Laras Utara ini dihadiri oleh anggota kelompok tani jeruk binaan BPP Candi Laras Utara, PPL BPP Candi Laras Utara dan Bidang Hortikultura (Dinas Pertanian dan TPH Kab. Tapin).

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan TPH Kab. Tapin, Noorhaili, S.Pt., M.M.A., menyampaikan bahwa kelompok tani tematik jeruk ini telah mendapat bantuan berupa 5000 buah tukungan beserta 5000 bibit jeruk dari Dinas Pertanian dan TPH Kab. Tapin. Hal ini menggambarkan betapa Pemerintah menaruh perhatian serius terhadap pengembangan Candi Laras Utara sebagai salah satu sentra jeruk di Kab. Tapin dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada materi bimtek, Dr. Mawardi menyampaikan berbagai potensi dan kendala budidaya jeruk di Lahan Rawa. Dipaparkan juga mengenai budidaya jeruk yang memenuhi kaidah #AgroSTANDAR yang meliputi kriteria tumbuh/syarat tumbuh, persiapan lahan, rekomendasi pemupukan, pengendalian HPT, manajemen arsitektur/ landscape tajuk, hingga panen dan pasca panen sehingga menghasilkan buah jeruk yang bermutu tinggi.

Pada kesempatan itu juga Dr. Mawardi memperkenalkan inovasi teknologi “Bujangseta” (Pembuahan Jeruk Berjenjang Sepanjang Tahun). Bujangseta merupakan salah satu produk teknologi unggulan dari Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) yang memiliki konsep produksi jeruk yang bisa berbuah sepanjang tahun (off season) dan menghasilkan buah bermutu premium seragam, citarasa sesuai pasar, kulit buah mulus dengan harga memadai. Bujangseta fokus pada tiga manajemen pengelolaan tanaman jeruk, yaitu: (1) Manajemen Tajuk/Kanopi, (2) Manajemen Hara, dan (3) Manajemen/ Pengendalian HPT, yang ketiganya secara sinergis menghasilkan buah jeruk yang bermutu tinggi (kualitas) senantiasa tersedia sepanjang tahun (kuantitas).

Pada prosesnya, persiapan lahan rawa menjadi bagian dari lumbung pangan nasional yang strategis, tidak dapat terlepas dari kolaborasi berbagai pihak baik pemangku kebijakan maupun pelaku hulu-hilir di sektor pertanian secara langsung. Pemerintah melalui Balittra telah aktif dan kontributif terhadap pengembangan pertanian lahan rawa, khususnya komoditas buah tropika (AAS/MAS)

#PertanianMajuMandiriModern
#Balittra

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN
Agro
Institusi Litbang