Rabu, 01 Februari 2023

Semangat Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Anggaran, Balittra Aktif membangun komunikasi dengan KPPN Banjarmasin

#RawaBisa

Kepala Balittra Agus Hasbianto, PhD didampingi PPK, Bendahara dan Staff Keuangan Balittra lainnya mengunjungi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Banjarmasin dalam rangka melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus konsultasi dan berdiskusi terkait optimalisasi penyerapan dan realisasi anggaran tahun 2023, Selasa (17/1).

Disambut baik oleh Kepala KPPN Banjarmasin Tri Ananto Putro, kedatangan Kepala Balittra beserta rombongan juga semakin mempererat hubungan baik dan sinergitas antara Balittra dan KPPN Banjarmasin. Agus Hasbianto, menyampaikan bahwa Balittra bertekad untuk semakin disiplin, efektif dan efisien dalam pengelolaan anggaran. Akuntable sebagai salai satu nilai dari Core Value ASN BerAKHLAK menjadi target kinerja yang terus ditingkatkan Balittra.

Tri Ananto Putro memberikan apresiasi atas kinerja keuangan Balittra dan menyambut baik semangat Balittra untuk berkinarja lebih baik lagi. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa KPPN Banjarmasin mendorong seluruh mitra kerjanya untuk selalu aktif berkomunikasi dan berkoordinasi dengan KPPN Banjarmasin. KPPN Banjarmasin juga terus berupaya aktif mendorong peningkatan kinerja keuangan dari mitra kerjasamanya.

Pada kesempatan itu, Kepala KPPN Banjarmasin memaparkan Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) sebagai alat kontrol dalam melakukan pengawasan pengelolaan kinerja keuangan satuan kerja. IKPA digunakan untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi. Lebih lanjut Kepala KPPN menyampaikan 8 (delapan) indikator IKPA sebagai berikut: (1) Revisi DIPA (10%), (2) Deviasi Halaman III DIPA (10%), (3) Data Kontrak (10%), (4) Penyelesaian Tagihan (10%), (5) Pengelolaan UP dan TUP (10%), (6) Dispensasi SPM (5%), (7) Penyerapan Anggaran (20%), dan (8) Capaian Output (25%). Selain kedelapan indikator IKPA tersebut, penilaian kinerja Satuan Kerja juga dilihat dari 3 (tiga) aspek lainnya yaitu: (1) kualitas perencanaan anggaran, (2) kualitas pelaksanaan anggaran, dan (3) kualitas hasil pelaksanaan anggaran. Mengakhiri pertemuan, Kepala KPPN menyampaikan bahwa KPPN Banjarmasin siap bersinergi dan berkolaborasi untuk optimalisasi kinerja anggaran di Balittra.

Semangat jalani tahun 2023 dengan kinerja lebih baik, Balittra bertekad meraih apresiasi kinerja dari KPPN Banjarmasin. Bangga melayani Bangsa. (MAS)

#PertanianMajuMandiriModern
#SayaBSIP
#AgroStandar

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN
Agro
Institusi Litbang