Rabu, 01 Februari 2023

Balittra Turun Langsung Dampingi Petani di Lokasi Food Estate

#RawaBisa

Pengembangan Food Estate terus digalakkan oleh Kementerian Pertanian. Program Kementerian Pertanian yang dicanangkan pada tahun 2020 ini berjalan atas arahan Presiden Joko Widodo guna mewujudkan kemandirian pangan, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Food Estate juga merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, sebagai langkah antisipasi menghadapi krisis pangan dunia.

Bertempat di BPP Kec. Dadahup, telah dilaksanakan diskusi terkait perencanaan kegiatan Food Estate di Wilayah Kalimantan Tengah, tepatnya di Desa Dadahup, Kabupaten Kapuas pada Rabu (18 /1). Hadir dalam diskusi Direktur Irigasi Pertanian Direktorat Jendra Prasarana dan Sarapan Pertanian Ir. Rahmanto, MSc berserta jajarannya, Kepala Balittra Agus Hasbianto Ph.D, Kepala BPP Kec. Dadahup serta Kelompok Tani di Desa Bentuk Jaya.

Diskusi difokuskan pada pemilihan titik-titik lokasi kegiatan pada luasan yang direncanakan 1200 hektar. Selain itu dibahas juga hal-hal teknis mulai dari persiapan tenaga kerja untuk olah tanah sampai persiapan tanam. Dalam pelaksanaannya nanti, kegiatan akan dilaksanakan secara cluster bertahap, mengingat keterbatasan tenaga kerja, juga anggaran yang masih dalam persiapan.

Muncul dalam diskusi mengenai kesulitan dalam melaksanakan pengendalian air, namun teridentifikasi juga bahwa biasanya terjadi penyusutan air di lahan pada bulan Januari sampai Maret. Selain itu kondisi gulma yang cukup tebal di lahan menyebabkan pengolahan tanah harus dilakukan beberapa kali hingga siap untuk ditanami. Penyakit pada tanaman padi juga masih banyak ditemukan, tanah yang cenderung masam masih jadi kendala pada lokasi tersebut. Untuk itu, tim PSP, Dinas setempat, penyuluh bersama Balittra melakukan identifikasi dan pemantauan langsung ke lokasi pertanaman tahap awal untuk memberikan solusi dan rekomendasi dalam mengatasi masalah kemasaman di lahan dan air hingga hama penyakit tanaman padi yang dihadapi petani.

Pada kesempatan itu juga Balittra melakukan pengambilan sampel tanah pada calon lokasi kegiatan, untuk kemudian dilakukan analisis laboratorium guna mendukung rekomendasi pengelolaan hara yang sesuai. Balittra siap untuk terus mendampingi petani dan mengawal program food estate mewujudkan kemandirian pangan.(ABD/MAS)

#PertanianMajuMandiriModern
#SayaBSIP
#SNIpers
#AgroStandar

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN
Agro
Institusi Litbang