JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Balittra Seminarkan Laporan Hasil Penelitian

Balittra Seminarkan Laporan Hasil Penelitian

 

Penghujung tahun 2012 menjadi masa sibuk buat para peneliti di Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra), Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Tengok saja aktifitas mereka pada akhir pekan Sabtu dan Minggu 1516 Desember 2012. Di saat institusi lain meliburkan diri, mereka justeru melakukan seminar hasil penelitian yang dilakukan sepanjang 2012.

Menurut Kepala Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa, Dr Ir Dedi Nursyamsi MAgr, acara seminar hasil penelitian bukan sekadar kegiatan seremonial tahunan belaka. Keluaran dari kegiatan penelitian adalah produk dan scientific paper, tuturnya. Tanpa 2 keluaran itu kegiatan penelitian sia-sia belaka.

Oleh karena itu, menurut Kabalai, pada kegiatan seminar ini setiap kegiatan penelitian mesti melampirkan rancangan abstrak penelitian untuk jurnal taraf nasional atau internasional. Cantumkan juga akan dipublish kemana, kata Kabalai. Targetnya pada akhir Januari 2013 draft-draft jurnal itu sudah dapat selesai.

 

Untuk menajamkan hasil penelitian Balittra, diundang pula 2 pembahas utama Dr Haris Syahbuddin DEA dari Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi (Balitklimat), Bogor, dan Dr Ir Mas Teddy Sutriadi dari Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP), Bogor. Secara umum keduanya meminta agar kesimpulan dari setiap penelitian dapat menjawab tujuan penelitian seperti yang diusulkan pada proposal penelitian.***