JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Trivia Rawa (58): Threser

Trivia Rawa (58): Threser

Di lahan rawa yang luas dengan sedikit tenaga kerja kehadiran thresher mesin sangat penting. Ia memudahkan petani sehabis panen. Dengan mesin thresher gabah padi dapat langsung dirontokkon sehingga terpisah dari tangkai jerami. Berikutnya gabah dijemur, kemudian dipisahkan gabah isi dengan gabah hampa, lalu disimpan di dalam karung.

Proses ini penting karena kebanyakan varietas padi rawa berbeda dengan varietas padi sawah irigasi.Pada varietas padi rawa umumnya butiran padi gampang rontok dari tangkainya, beda dengan padi sawah irigasi yang kuat di tangkainya. Itulah sebabnya padi rawa tak dapat disimpan dengan menggantung tangkai padi di lumbung. Varietas padi rawa harus segera dirontokkan setelah panen di lahan.

Di pasaran banyak sekali merk mesin thresser buatan luar negeri yang built up lengkap. Namun, kebanyakan petani kurang menyukai karena sering tidak sesuai dengan kondisi lahan. Misal, casing terlalu berat atau ukuran terlalu besar sementara akses ke lahan kecil. Lantaran itu kebanyakan petani hanya membeli mesin penggerak, sementara alat perontok serta casing dibuat di bengkel lokal. Mirip dengan usaha karoseri pada mobil impor yang harus disesuaikan dengan kebutuhan lokal.  (Destika Cahyana, SP, destika_cahyana@yahoo.com)