JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Trivia Rawa (60): Combine Harvester

Trivia Rawa (60): Combine Harvester

 

Pemanen kombinasi menjadi penemuan terpenting pada sektor pertanian karena dapat menghemat biaya panen dan pasca panen secara besar-besaran. Mesin ini, seperti namanya, terdiri dari 3 kombinasi operasi panen dan pasca panen yang berbeda: memotong, merontokkan, dan menampi dalam satu rangkaian operasi sekaligus.

 

Mesin combine harvester bekerja melalui tahapan berturut-turut: memotong tegakkan batang tanaman, menyalurkan tanaman terpotong ke silinder, merontokkan gabah dari tangkai dan batang, memisahkan gabah dari jerami, dan membersihkan gabah dengan membuang gabah hampa dan benda asing.

 

Combine harvester berkembang bukan hanya untuk padi, tetapi juga tanaman biji-bijian lain seperti gandum, jagung, dan kedelai. Ia telah digunakan di lahan sawah skala luas maupun skala kecil dengan berbagai ukuran mesin combine harvester. Namun, di lahan rawa, mesin combine harvester berukuran besar tak dapat digunakan karena bobotnya yang berat. Hanya mesin berukuran kecil yang telah dimodifikasi yang dapat digunakan agar tidak tenggelam di lahan rawa. (Destika Cahyana, SP,  destika_cahyana@yahoo.com)