Rabu, 03 Maret 2021

Trivia Rawa (61): Emposan

Trivia Rawa (61): Emposan

 

Emposan berasal dari kata ‘empos’ yang bermakna tiup, hembus, atau semprot. Emposan berarti alat untuk menghembuskan. Di dunia pertanian emposan merujuk pada alat untuk mengatasi hama tikus. Bahan aktif pembunuh tikus didorong dengan emposan agar masuk ke dalam lubang tikus sehingga tikus mati di dalamnya.

 

Emposan dirancang berbentuk tabung seperti knalpot motor. Emposan beragam mulai dari yang sederhana dengan tenaga kipas manual, batere, aki, gas, hingga dirancang lebih canggih dengan mesin berbahan bakar bensin atau diesel: mirip mesin pengasap nyamuk.

 

Bahan aktif yang digunakan untuk membunuh tikus dengan emposan manual biasanya belerang. Ia dicampur dengan jerami kering lalu dibakar sehingga menimbulkan asap. Kipas lalu diputar sehingga menghasilkan udara yang mendorong asap ke dalam liang tikus. Pada musim yang tidak terlampau kering emposan sangat efektif mengatasi tikus.

 

Namun, di musim kemarau rekahan tanah yang kering menjadi kendala teknik emposan. Asap yang didorong masuk ke liang tikus bocor karena keluar melalui rekahan. Tikus yang berada di ujung liang tikus dapat menghindari serbuan asap. Bila demikian, mengatasi tikus harus dipadukan dengan teknik lain misalnya dengan perangkap atau anjing pemangsa tikus. (Destika Cahyana, SP,  Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN

Statistik Website

Hari Ini : 1441
Kemarin : 1428
Minggu Ini : 4205
Bulan Ini : 4205
Total : 23895

  • Alamat IP Anda : 3.239.192.241

Sedang Online :

14
Online

Agro
Institusi Litbang