JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru Magang Di Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru Magang

Di Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

 

Sebanyak 4 orang siswa SMKN 1 Banjarbaru, jurusan Administrasi Perkantoran melaksanakan kegiatan madang di Balittra. Terhitung mulai tanggal 4 Januari 2018, keempat siswa/i secara resmi mengikuti kegiatan perkantoran di Balittra. Kegiatan magang magang tersebut dilaksanakan selama 3 bulan, yang akan berakhir pada tanggal 4 April 2018. Menurut guru pendamping mereka, kegiatan magang ini merupakaan kurikulum sekolah yang wajib dilaksanakan oleh semua siswa. Dengan kegiatan magang ini diharapkan para siswa dapat mempraktekkan mata ajaran yang mereka dapatkan di bangku sekolah. Selama magang mereka dapat mengikuti kegiatan administrasi di Balittra, seperti pengagendaan surat masuk dan urat keluar, prosedur penerimaan sample tanah untuk dianalisa di Laboratorium Balittra, pengetikan SPJ, kwitansi, penerimaan telpon kantor, dan lain lain. Keempat siswa yang magang tersebut adalah : Danny Fidal, Wulan Yasari, Winda A.A., dan Elena.S. Sebagai mahasiswa yang magang di Balittra, para siswa ini berkewajiaban sama dengan karyawan Balittra, baik dalam hal jam kerja maupun disiplin lainnya. (Muhammad Saleh, saleh_duransyah@yahoo.co.id )

 

 

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kuala Kapuas Kalimantan Tengah Kirim Siswa Ke Balai Pnelitian Pertanian Lahan Rawa Untuk Magang

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kuala Kapuas Kalimantan Tengah Kirim Siswa

 Ke Balai Pnelitian Pertanian Lahan Rawa Untuk Magang

 

 

 

Sebanyak 15 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan 4 Kuala Kapuas Kalimantan Tengah, beserta beberapa orang taf pengajar datang ke Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa yang disambut oleh Kepala Seksi Jasa penelitian Bapak Ir. Muhammad. Kedatangan staf pengajar tersebut sekaligus mengantar 15 orang siswanya yang akan magang di Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa. Kegiatan magang yang akan mereka jalani memerlukan kurun waktu selama 3 bulan, terhitung dari bulan Nopember 2017 sampai dengan awal Pebruari 2018. Dalam kegiatan magang tersebut, para siswa akan praktek langsung dilapangan selain juga diberikan materi berupa teori diruang belajar. 

 

Dilapangan meraka akan ikut bergabung dengan staf Kebun Percobaan Banjarbaru untuk mengelola berbagai komoditas tanaman seperti padi, jagung, bawang merah, kacang kacangan serta berbagai komoditas lainnya. Dengan terjun langsung ke lapangan, diharapkan para siswa akan mendapatkan pengetahuan mengenai budidaya tanaman, yang meliputi persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan tanaman, panen dan prosesing hasil. Pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan dalam kegiatan magang ini, diharapkan berguna bagi mereka setelah mereka selesai studinya nanti, baik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, bekerja pada instansi pemerintahan atau swasta, ataupun menjadi petani unggul yang mulia.Sukses untuk siswa magang. (Muhammad Saleh, saleh_duransyah@yahoo.co.id )

 

 

         

 

Mahasiswa UNISKA magang di Balittra

Universitas Islam Kalimantan Muhamad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin (UNISKA) melakukan kegiatan magang di Balittra

Dua orang mahasiswa UNISKA dari Jurusan Ekonomi Manajemen (Marlinda dan Rizna) akan melaksanakan praktek kerja di Balittra Banjarbaru yang terhitung mulai tanggal 6 Februari 2017 sampai dengan 6 Maret 2017.

Selama satu bulan melaksanakan praktek kerja di Balittra mereka akan ikut dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang ada di Balittra, dan para siswa akan dibekali cara teori dan praktek kerja perkantoran secara langsung.

Tujuan dan manfaat mereka melakukan magang kerja ini adalah untuk mengembangkan keterampilan mereka sekaligus mempraktekkan langsung ilmu yang mereka dapat di bangku sekolah dan perkuliahan ke dunia kerja yang nyata,  melatih mereka untuk menjadi manusia yang disiplin, bertanggung jawab dan berpikir maju, serta mencetak SDM yang handal dalam bidangnya.

Semoga segala ilmu yang mereka dapat di Balittra Banjarbaru, bisa di terapkan dan dikembangkan lagi. (Yoan Destina)

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang Magang Kerja Di Balittra

 

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang Magang Kerja Di Balittra

 

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa merupakan lembaga yang melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan. Salah satu tugas dan fungsinya adalah melaksanakan/menyiapkan kerjasama dalam rangka menyebar luaskan dan mendaya gunakan hasil penelitian pertanian lahan rawa.

 

Salah satu kegiatan kerjasama yang dilakukan selama ini adalah kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam bentuk penerimaan mahasiswa/i magang. Kegiatan magang ini merupakan penerapan/praktek langsung dari ilmu teori yang selama ini meraka dapatkan di Perguruan tinggi untuk diterapkan langsung di lapangan ditempat mereka magang.

 

Dari bulan Agustus sampai dengan Oktober 2017 Balai Penelitian Peratnian Lahan rawa, menerima empat orang mahasiswa/i yang magang yang berasal dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Keempat mahasiswa/i tersebut diberi kesempatan untuk ikut secara langsung mengikuti kegiatan pengelolaan tanaman yang dilaksanakan di Kebun Percobaan Banjarbaru, khususnya untuk kegiatan Taman sain Pertanian Lahan Rawa. Topik topik kegiatan magang kerja mereka diantaranya , tentang :

          - Pengelolaan tanaman kacang tanah di lahan rawa lebak dangkal

          - Kesesuaian lahan tanaman bawang merah di lahan rawa lebak dangkal

          - Kebutuhan air untuk tanaman bawang merah di lahan rawa lebak dangkal.

         - Pengelolaan air.Selama magang kerja di Balittra, masing masing mahasiswa/i dibimbing oleh pada peneliti dalam hal pembuatan laporan.

 

Selain itu para pembimbing juga menilai kinerja mereka untuk disampikan ke perguruan tingginya. Selamat melaksanakan magang kerja,semoga sukses. (Muhammad Saleh, saleh_duransyah@yahoo.co.id )

 

 

 

 

Siswa SMKN 1 Banjarbaru

Siswa SMKN 1 Banjarbaru Jurusan Administrasitrasi Perkontoran Magang di Balittra


Selama 3 bulan mendatang, terhitung Bulan  Januri sampai dengan Maret 2016, sebanyak 3 orang siswi dari jurusan Administrasi Perkantoran pada  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru, melaksanakan magang di Kantor Balai Penenlitian Pertanian Lahan Rawa yang beralamat di jalan Kebun Karet Loktabat Banjarbaru.  Kegiatan magang tersebut merupakan  salah satu kurikulum sekolah yang wajib dilaksanakan oleh siswanya.  Dengan kegiatan magang tersebut, para siswa dapat mempraktekkan teori teori yang mereka dapatkan dibangku sekolah untuk langsung dipraktekkan di instansi instansi baik pemerintahan maupun swasta.

Dalam kegiatan magang yang dilaksanakan selama 3 bulan tersebut, para siswa akan melaksanakan kompentensi dasar diantaranya :

 

  • Mengumpulkan data informasi
  • Melakukan pengolahan data
  • Melaksanakan tata persuratan dan kearsifan
  • Melaksanakan administrasi kepegawaian dan ketenagaan
  • Melaksanakan administrasi keuangan
  • Melaksanakan administrasi sarana dan parsarana

 

Untuk para siswa semoga sukses.

(Ir. Muhammad Saleh, MP, saleh_duransyah@yahoo.co.id)