JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Empat belas orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah melaksanakan magang di Balittra

Empat belas orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kapuas Murung,
Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah melaksanakan magang di Balittra

Rabu, 13 Januari 2016, mobil bis yang berisikan siswa dari SMK Negeri 1 Kapuas Murung berhenti dan masuk ke halaman Balittra. Dua orang guru pembimbing dengan 14 siswa siswinya datang ke Balittra untuk mengawali kegiatan magangnya. Mereka di sambut oleh kepala seksi jasa penelitian sekaligus secara resmi menerima ke 14 siswa yang akan melaksanakan magang di Balittra tersebut. Semua siswa merupakan kelompok dari kompetensi Agronomi Tanaman Pangan dan hortikultura.

Kegiatan magang ini direncanakan memakan kurun waktu selama 3 bulan, terhitung bulan Januari sampai dengan April 2016.

Pada kegiatan magang ini para siswa akan dilibatkan langsung dengan kegiatan lapangan di lokasi Taman Sain Pertanian. Kegiatan lapangan meliputi persiapan tanam (pengolahan lahan, pembibitan/persemaian), penanaman, pemeliharaan tanaman (memupuk, merumput, menyemprot organisme pengganggu tanaman), panen dan penanganan pasca panen. Pembelajaran mereka meliputi beberapa komoditas seperti tanaman padi, jagung, kedelai, sayuran daun (bayam, sawi, kangkung), Sayuran buah (tomat, cabai), tanaman buah (melon, semangka), tanaman hias ( bunga Sedap malam dan berbagai jenis bunga bungaan) dan tanaman makanan ternak (rumput gajah, gamal).

Selain kegiatan dilapangan, direncanakan jugaadanya kegiatan di dalam ruangan yaitu pemberian materi materi seperti cara budidaya, cara pengolahan lahan, pemupukan, pengendalin hama dll.

Dengan adanya kegiatan magang ini, diharapkan para siswa akan lebih terampil di lapangan untuk bekal mereka terjun ke masyarakat nantinya.

Selamat mengikuti MAGANG, semoga sukses selalu. HIDUP SMKN 1 Kapuas Murung. (M. Saleh)