JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Model Pengelolaan Lahan Gambut Berkelanjutan

Model Pengelolaan Lahan Gambut Berkelanjutan

Lahan gambut mempunyai kedudukan penting dalam tananan pembangunan nasional, khususnya pembangunan pertanian karena meningkatnya konversi lahan dan jumlah penduduk yang menuntut peningkatan semakin luas. Namun demikian disisi lain isu kerusakan lingkungan sebagai akibat pembukaan lahan dan kesalahan dalam pengelolaan lahan dan air semakin kuat. Oleh karena itu arahan atau pedoman pemanfaatan dan pengelolaan lahan gambut untuk pertanian perlu disusun dalam bentuk Naskah Akademik Pedoman Umum (PEDUM) Pengelolaan Lahan Gambut untuk Pertanian Berkelanjutan.

Kegiatan dilaksanakan secara bertahap:  (1) Review hasil-hasil penelitian pertanian yang menyangkut lahan gambut, (2) penulisan draft awal naskah akademik, (3) penelaahan intern dalam forum kecil, ( 4) Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri sejumlah  pakar dari instansi lain yang kompeten, (5) perbaikan draft naskah akademik pengelolaan lahan gambut untuk pertanian berdasarkan masukan dari hasil FGD.

Pertemuan dihadiri 30 orang peserta terdiri dari pakar, dosen, praktisi dan peneliti. (Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada dan Universitas Lambung Mangkurat, Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa). Pertemuan diagendakan membahas dan memperbaiki draft naskah akademik sebagai bahan pedum pengelolaan lahan gambut untuk pertanian  yang telah ditulis dan terbikangkai dalam  out line.

Gambar. Forum FGD pada  30 Oktober 2012 di Banjarbaru

Hasil kegiatan adalah berupa  Naskah Akademik Pengelolaan Lahan Gambut untuk Pertanian. Dengan telah berhasil dibuatnya naskah akademik yang kemudian dimatangkan dan diusulkan menjadi Pedum, diharapkan pertanian di lahan gambut semakin maju dengan tanpa harus menimbulkan masalah lingkungan. (M. Saleh)