JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pemanfaatan Ekstrak Pupuk Kandang untuk Peningkatan Ketersediaan Hara dan Pertumbuhan Tanaman Padi di Lahan Rawa

Pemanfaatan Ekstrak Pupuk Kandang untuk Peningkatan Ketersediaan Hara dan Pertumbuhan Tanaman Padi di Lahan Rawa

Kandungan bahan organic tanah lahan pasan gsurut yang ada umumnya belum tersedia sebagai hara yang siap dimanfaatkan untuk pertumbuhan tanaman, sehingga diperlukan pupuk organic sebagai suplemen bagi kebutuhan pupukan organik, dan pendorong pencapain produksi yang lebih tinggi karena membuat lingkungan tumbuh menjadi lebih baik.

Pupuk organic merupakan salah satu jenis pupuk yang dipercaya tidak mem-berikan dampak negative terhadap lingkungan dan hasil, sehingga produk dari pertanian organic aman untuk dikonsumsi. Namun pupuk organik yang diperlukan masih sangat tinggi 7-10 t/ha seperti yang dianjurkan pada System Rice Intensification (SRI). Sehingga selain membuat beban kerja petani meningkat, pada pengembangan yang luas yang disertai upaya peningkatan Indek Pertanaman (IP) akan sulit terlaksana.

Peningkatan pemanfaatan pupuk organik dari pupuk kandang ayam yang banyak tersedia merupakan tuntutan untuk masa mendatang karena dapat meningkatkan pH tanah dan meningkatkan produktivitas lahan dan kesinambungan produksi padi lebih terjamin.

Tujuan kegiatan ini adalah 1) mengetahui kandungan hara dan bahan aktif dari pupuk kandang ayam,  dan 2) mengetahui pengaruh pemberian bahan aktif dari pupuk kandang ayam terhadap perubahan sifat tanah dan pertumbuhan serta hasil tanaman padi.

Secara umum kandungan yang terdapat dalam ekstrak pupuk kandang dari dua sistem pengelolaan tersebut sangat baik, dan potensial dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi. Selain mempunyai unsur hara yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman, dan adanya hormon pemacu tumbuh, bahan tersebut bisa diperkaya dengan bakteri pelarut fosfat untuk meningkatkan efektivitasnya. Bahan tersebut aman digunakan untuk menyuburkan media tanam, karena tidak mengandung unsur logam berat.

Perubahan kondisi lingkungan tumbuh akibat dari pemberian ekstrak pupuk kandang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman padi, karena didukung oleh tingkat serapan hara yang lebih baik. Serapan hara N pada aplikasi ekstrak yang berasal dari pupuk kandang ayam pedaging, lebih besar disbanding dengan pupuk kandang ayam petelor, demikian juga serapan kalium, tetapi tidak berbeda terhadap serapan P. Hal tersebut dapat dijelaskan pada ekstrak yang berasal dari pupuk kandang ayam pedaging, karena terdapat sekam padi sebagai bahan utama selain kotoran ayam, yang tentunya sangat dipengaruhi oleh jenis dan volume pakan yang diberikan. Sedangkan  serapan N yang lebih baik pada pemberian ekstrak pupuk yang berasal dari kandang ayam pedaging, kiranya masih perlu penelitian lebih detail.

Secara umum serapan hara pada tanaman padi yang diperlakukan dengan ekstrak pupuk kandang ayam lebih baik, karena terdapatnya perubahan pada lingkungan tumbuhnya. Berdasarkan analisa tanah pada umur tanaman padi 9 minggu setelah tanam (MST),  diperoleh bahwa pH tanah naik menjadi 4,01, sebelumnya 3,42; N= 0,28% sebelumnya 0,19%; P-tersedia 1,66 ppm;K-dd 0,29 me/100g, sebelumnya 1,26 me/100g.

Berdasarkan hasil analisis terhadap data  skor hijau daun padi pada fase vegetatif, diperoleh bahwa tidak ada interaksi antara pemberian ekstrak dan dosis pemberian pupuk yang diuji, fenomena ini terjadi pada dua lokasi (Pangkep dan Maros). Begitu juga antara enam ekstrak yang diteliti, tidak diperoleh perbedaan pengaruh terhadap peningkatan warna hijau daun. Tetapi berbeda terhadap warna hijau daun tanaman kontrol, baik pada tanaman kontrol tanpa pupuk maupun tanaman kontrol dengan pupuk NPK an-organik.

Pertanaman padi pada petak kontrol (tanpa pupuk, diberi pupuk NPK) secara visual daunnya berwarna kurang hijau (kekuningan) dibandingkan dengan tanaman yang diaplikasi dengan ekstrak pupuk kandang ayam.

Gambar 1. Keragaan tanaman kontrol (A), keragaan tanaman diaplikasi ekstrak (B).

Pengukuran dengan menggunakan  BWD diperoleh skor nilai 2,0 - 2,5, sedangkan pada tanaman yang diaplikasi dengan ekstrak pupuk kandang 3,0-3,5.  Warna daun dapat sebagai indikator status N tanaman, yang prosesnya berkaitan erat dengan intensitas fotosintesa, metabolisme yang selanjutnya akan mempengaruhi produksi tanaman. Bila ketersediaan N  cukup (baik dengan suplai dari luar maupun alami), serapannya akan optimal dan akan mempengaruhi serapan  hara lain seperti P dan K akan meningkat untuk mengimbangi laju pertumbuhan tanaman yang cepat.

Terjadinya peningkatan pertumbuhan fase vegetatif dan proses pertumbuhan fase generatif, mengakibatkan komponen produksi (jumlah malai, gabah isi dan berat gabah 1000 biji) meningkat. Kondisi tersebut mengakibatkan hasil yang diperoleh menjadi lebih tinggi.  Pupuk kandang merupakan salah satu komponen budidaya tanaman yang ramah lingkungan serta mempunyai peranan dalam memperbaiki kesuburan tanah struktur tanah baik secara fisik, kimia atau biologi. Pupuk kandang mempunyai peranan meningkatkan kesuburan fisik tanah karena mampu mengurangi plastisitas, meningkatkan agregat ruang pori, ketersediaan air dan kelekatan juga aerasi tanah. Sedangkan peranan dalam kesuburan kimia yaitu mengikat atau menyerap ion lebih besar juga meningkatkan kation. Dalam kesuburan biologi pupuk kandang membentuk jaringan tubuh mikroorganisme dan sumber energi bagi mikroorganisme tanah. Pupuk kandang juga mampu meningkatkan efisiensi pemakaian pupuk.

Diantara perlakuan ekstrak pupuk kandang yang diteliti, terlihat bahwa ekstrak no.6 (ekstrak yang berasal dari pupuk kandang ayam pedaging), memberikan keragaaan yang konsisten. Pengaruhnya lebih baik terhadap peningkatan produksi baik antar ekstrak yang diteliti maupun lokasi. Berdasarkan analisa teknis, ekstrak tersebut ke depan sangat potensial untuk dijadikan formula dasar untuk membuat formula yang lebih efektif, tentunya masih harus diteliti lebih detail lagi.

 

Gambar 2. Diagram hasil padi pada lokasi Pangkep dari pengaruh aplikasi ekstrak pupuk kandang ayam diperkaya.

 

Gambar 3. Diagram hasil padi pada lokasi Maros dari pengaruh aplikasi ekstrak pupuk kandang ayam diperkaya.