Senin, 14 Jun 2021

Sumberdaya Lahan Rawa Dukungan Teknologi Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045

Proyek Pembukaan Persawahan Pasang Surut (1979-1984) dan Proyek Pembukaan Lahan Gambut (PLG) Sejuta Hektar di Kalimantan Tengah (1996-1999) menjadi catatan sejarah dalam pengembangan lahan rawa. Sejarah pengembangan lahan rawa tidak lepas dengan produksi pangan nasional yang defisit. Berbagai program peningkatan produksi dan produktivitas padi telah dilakukan mulai dari Bimas, Inmas. lnsus. Sutpa. Gemapalagung dan sekarang Upsus yang dipusatkan pada Iahan-Iahan sawah irigasi. Sementara lahan rawa masih belum disentuh secara proporsional. Sejak 2016, pemerintah di bawah Kementerian Pertanian menginisiasi Program: Serasi (Selamatkan Rawa dan Sejahterakan Petani) untuk mengoptimasi lahan rawa, khususnya pada enarn provinsi dengan rencana seluas 1 juta hektar. Program #Serasi ini diharapkan menjadi pendukung dalam target maha besar dan mulia dari pemerintah untuk Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia (LDP) pada tahun 2045. Pencapai maksud ini memerlukan dukungan teknologi, lebih khusus untuk pemgembangan lahan rawa melalui Program #Serasi di atas. Buku SUMBER DAYA LAHAN RAWA: dukungan Teknologi Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045, mengemukakan tentang berbagai inovasi teknologi pengelolaan lahan dan budi daya pertanian di lahan rawa, termasuk aspek sosial ekonomi dan kelembagaannya.

Buku ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam mengatasi dan mengatasi beberapa masalah dalam pengelolaan dan budi daya pertanian di lahan rawa. Namun demikian. tidak lepas tentu dari kekurangannya, mengingat kompleks dan beragamnya masalah di lahan rawa, maka kami sangat menghargai masukan dan saran untuk melengkapi dan melengkapi buku ini.

Dengan tersusunnya buku ini, kami penyunting menghaturkan terima kasih kepada para penulis yang telah meluangkan waktu. Tenaga, dan pikirannya untuk mengisi buku yang ada di tangan Anda ini. Semoga buku ini dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta berguna dalam pengembangan lahan pertanian untuk pengembangan pertanian di masa mendatang. Buku ini dibaca dan dibaca oleh para penyuluh, pejabat. pemerhati, peneliti, pengajar dan mahasiswa, termasuk perencana pembangunan dan perancang kebijakan yang menggeluti bidang pertanian. lahan penawa khusus.

 

Unduh

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN

Statistik Website

Hari Ini : 894
Kemarin : 899
Minggu Ini : 894
Bulan Ini : 17092
Total : 163322

  • Alamat IP Anda : 3.238.249.157

Sedang Online :

9
Online

Agro
Institusi Litbang