Senin, 14 Jun 2021

Lahan Rawa Lebak Sistem Pertanian dan Pengembangannya

 

Pertanian di lahan rawa sudah lama dikenal dan menjadi perhatian karena diharapkan bisa kantong penyangga produksi padi. Salah satu keunggulan dari rawa lebak adalah hasil panen di agrosekosistem lainnya, sebagian besar lahan di Pulau Jawa sebagai pemasok utama sedang paceklik. Teknologi polder yang dikenalkan sejak tahun 1950an belum dapat digunakan lagi dalam meningkatkan produksi padi di lahan rawa lebak. Berbagai tantangan dalam usaha tani di lahan rawa lebak yang petani masih menunggu lengkap, khusus dalam melindungi petani dari kebanjiran pada saat musim hujan dan kekeringan pada saat musim kemarau.

Secara konvensional, petani sudah banyak memanfaatkan lahan rawa lebak ini untuk menanam padi, ubi, uwi, talas, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, hortikultura baik aneka sayur maupun buah jeruk, pisang, -buah, seperti tanaman sebagai karet, kelapa dan kelapa sawit. Padi merupakan tanaman utama di rawa yang sesuai dengan karakteristik. Dalam berbagai kesempatan saya katakan ke depan tanah rawa akan menjadi danalan mempertimbangkan semakin terdesaknya lahan pertanian di Pulau Jawa pembangunan Pulau Jawa yang dengan cepat membuat konversi lahan tidak dapat dilakukan. Tuntutan demi makanan bertambah seiring pertambahan penduduk, khususnya Pulau Jawa-Bali diiringi oleh Sumatera, Kalimantan, dan Sumatera.

Buku Lahan Rawa Lebak, Sistem Pertanian dan Pengembangannya merupakan rangkum informasi dari hasil penelitian dan pengalaman peneliti dalam pengelolaan lahan rawa lebak untuk pertanian-diharapkan dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi para peneliti, penyuluh, pemerhati, dan pengguna. Diharapkan diterbitkannya buku ini dapat menambah khasanah tentang pertanian di lahan rawa dan semakin luasnya pemanfaatan lahan rawa lebak untuk pertanian.

 

 

Unduh

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Email : balittra@pertanian.go.id

KAN

Statistik Website

Hari Ini : 858
Kemarin : 899
Minggu Ini : 858
Bulan Ini : 17056
Total : 163286

  • Alamat IP Anda : 3.238.249.157

Sedang Online :

12
Online

Agro
Institusi Litbang