Rabu, 05 Oktober 2022

Sistem Surjan Model Pertanian Lahan Rawa Adaptif Perubahan Iklim

 

Sistem surjan merupakan sistem tanam di lahan rawa yang memadukan sistem sawah dan tegal. Sistem Ini memberikan pilihan yang lebih luas kepada petani mengenai komoditas yang akan diusahakan dn lahan rawa. Selain padi, petani dapat menanam palawia, hortikultura. dan tanaman perkebunan sehingga selain Mengurangi resiko kegagalan tanam juga menambah pendapatan.

Sistem surjan terus berkembang seiring dengan optimalisasi pemanfaatan lahan rawa dan perubahan iklim. Ke depan model pertanian harus adaptif sesuai dengan karakteristik lahan  dan lingkungan serta rendah emisi. Selain di Indonesia system surjan  juga diterapkan oleh petani dn Malaysia, Thailand. dan Vietnam dalam rangka pemanfaatan lahan rawa untuk pertanian.

Keberhasilan penerapan sistem surjan di lahan rawa dicontohkan oleh petani di Unit pemukiman Transmigrasi (UPT) Tarantang, Kabupaton Barito Kuala. Kalimantan Selatan. Lokasi itu kini menyadi salah satu agrowisata di Kalimantan Selatan. Banyak tamu yang berkunjung. balk dalam negeri maupun dari luar negeri seperti dari Jepang (Universitas Hokaido) dan Filipina (IRRI). Keberhasilan petani di wilayah tersebut dalam mengelola lahan rawa telah menginspirasi penulis untuk menyusun buku ini. Para penyuluh, peneliti, pengamat, pemerhati, perencana pembuat kebijakan termasuk civitas akademika yang ingin mengenal lebih jauh system surjan. baik dari segi teknis,social ekonomi, maupun lingkungan dianjurkan untuk membaca buku ini. Buku Sistem Surjan Model Pertanian Lahan Rawa Adaptif Perubahan Iklim merupakan salah satu dan sepuluh buku tentang lahan rawa yang dipersembahakan untuk memperingati 40 tahun Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

 

 

Download

Facebook TwitterGoogle BookmarksLinkedin

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

Statistik Website

Hari Ini: 1331
Kemarin: 1910
Minggu ini: 5241
Bulan Ini: 8088
Total: 322379

Visitor Info

  • IP: 3.235.65.220

Sedang Online

16
Online

05-10-2022
KAN
Agro
Institusi Litbang