Rabu, 05 Oktober 2022

Pengelolaan Lahan Berkarakter Khusus

Lahan berkarakter khusus dimaksud dalam buku ini adalah lahan yang mempunyai sifat-sifat tertentu dan spesifik yang disebabkan karena lahan tersebut mempunyai jenis tanah dengan karakteristik tertentu karena kondisi lingkungan yang berbeda. Perbedaan karakteristik tanah dapat berupa perbedaan sifat-sifat morfologi, kimia, fisika, mineralogi dan biologi tanah, sedangkan keadaan lingkungan dapat berupa keadaan relief atau lereng, iklim yang berupa curah hujan dan temperatur serta agroekologi lainnya. Lahan dengan karakter yang berbeda tersebut sangat berpengaruh terhadap kesesuaian lahannya, dan cara pengelolaannya untuk mendapatkan produksi pertanian yang optimum.

Berbagai komponen teknologi pengelolaan lahan telah banyak dihasilkan oleh balai-balai di lingkup Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian yang didasarkan kepada karakteristik lahannya. Secara garis besar teknologi pengelolaan lahan tersebut terbagi menjadi teknologi untuk lahan rawa (pasang surut, lebak, dan gambut), lahan kering masam, lahan sawah, lahan kering dataran tinggi, lahan kering beriklim basah, lahan kering beriklim kering. Buku ini meskipun disajikan dalam format penulisan ilmiah, tetapi diharapkan akan memberikan gambaran tentang kesiapan komponen teknologi yang sudah dihasilkan untuk setiap lahan yang mempunyai karakter khusus. Pengelolaan lahan berkarakter khusus dimaksudkan agar setiap lahan dalam pemanfaatannya untuk menghasilkan produksi pertanian dikelola secara khusus dengan memperhatikan karakter dari masing-masing lahan tersebut. Harapannya agar komoditas yang dibudidayakan dapat menghasilkan produksi yang maksimum tanpa menurunkan kualitas lahan yang digunakannya. Hasil kajian dalam buku ini diharapkan akan menjadi masukan dalam menyusun kebijakan maupun untuk para praktisi pertanian untuk mendorong mempercepat pembangunan pertanian pada berbagai agroekologi di seluruh wilayah Indonesia.

Attachments:
FileDescriptionFile sizeCreated
Download this file (Pengelolaan Lahan Berkarakter Khusus.pdf)Pengelolaan Lahan Berkarakter Khusus 775 kB2022-02-16 08:39
Facebook TwitterGoogle BookmarksLinkedin

Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa

Jl. Kebun Karet, Loktabat Utara
PO BOX 31, Banjarbaru 70712
Kalimantan Selatan

Telp/Fax : (0511) 4772534, 4773034
Whatsapp : 081251206759
Email : balittra@pertanian.go.id

Statistik Website

Hari Ini: 1519
Kemarin: 1910
Minggu ini: 5429
Bulan Ini: 8276
Total: 322567

Visitor Info

  • IP: 3.235.65.220

Sedang Online

24
Online

05-10-2022
KAN
Agro
Institusi Litbang