JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sedap Malam

BUNGA SEDAP MALAM

 

 

Bunga sedap malam mempunyai nama ilmiah Polianthes tuberosa. Keistemewaan bunga ini adalah bentuknya yang indah dan baunya yang harum.  Bunganya muncul pada tangkai yang panjang, tiap tangkai menghasilkan bunga  yang banyak, berwarna putih.  Kuntum bunga bagian bawah akan mekar lebih awal menyusul bunga di atasnya secara bertahap. 

 

Masyarakat umumnya memanfaatkan bunga sedap malam sebagai bunga potong untuk menghiasi ruangan seperti di hotel, perkantoran, rumah makan dan lain lain.  Dalam bidang industri, bunga sedap malam dapat diproduksi untuk pembuatan parfum.  Selain itu juga bermanfaat bagi kesehatan untuk pengobatan seperti influenza, reomatik dan susah tidur. 

 

Bunga sedap malam belum banyak dibudidayakan  di Kalsel. Berdasarkan hasil wawancara dengan penjual bunga potong  di Banjarmasin dan Banjarbaru bahwa bunga sedap malam di datangkan dari Jawa Timur.   

  

Hasil pengujian di lahan gambut  Kecamatan Landasan Ulin, bunga sedap malam dapat tumbuh dan berbunga dengan baik dengan sistem penanaman pot (Tabel 1) sehingga dapat disimpulkan bahwa bunga sedap malam dapat tumbuh dan berkembang di daerah dataran rendah.(Masrapah - Balittra)

 

         Data hasil pengamatan bunga sedap malam di Banjarbaru pada MK  2014     

  

Keterangan Pertumbuhan : skor 1 = Sangat baik,  3 = baik,  5 = sedang dan  7 = jelek