JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Azolla Tumbuhan Air Multiguna

Azolla Tumbuhan Air Multiguna

 

Azolla adalah tumbuhan yang hidup dan berkembang pada air tergenang, seperti di persawahan, baik di sawah tadah hujan maupun lahan rawa. Azolla berkembangbiak secara vegetatif, yaitu dengan anakan.  Anakan yang sudah berkembang sempurna akan memisahkan diri dengan induknya, membentuk populasi yang baru.  Perkembangannya tergolong cepat, sehingga cepat juga menutupi permukaan lahan.  Pada kondisi optimum azolla mampu berkembang dengan laju pertumbuhan 35% per hari.

 

Dua jenis azolla yang sering ditemui berwarna hijau dan hijau kemerahan.  Di lahan rawa lebak umumnya berkembang azolla berwarna hijau.  Tumbuhan ini memiliki keistimewaan  (1) mampu bersimbiosis dengan bakteri Anabaena azollae dan mengikat nitrogen langsung dari udara, (2) mengandung kadar protein tinggi antara 24% - 30%, kandungan asam amino essensialnya terutama lisin 0,42%.

 

 

Azolla yang dimasukkan ke dalam tanah, pada kondisi tergenang akan termineralisasi dan selama dua minggu mampu melepas N yang dikandungnya berkisar 60%-80%. Sebagai pupuk organik, tumbuhan ini dapat memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan azolla untuk budidaya padi sawah mampu memasok 20-40 kg N/ha ke dalam tanah dan mampu meningkatkan hasil padi 19,2% atau 0,5 t/ha. Apabila penggunaan azolla diberikan dua kali yaitu sebelum dan sesudah tanam, peningkatan hasil padi bisa mencapai 38,5% atau 1 t/ha sehingga pemberian azolla dapat menghemat penggunaan pupuk buatan urea, TSP dan KCl masing masing sebesar 30, 10 dan 20 kg/ha. Sedangkan sebagai mulsa, azolla dapat mempertahankan kelembaban tanah dan mencegah tumbuh gulma di sekitar tanaman. Manfaat lainnya adalah sebagai pakan, yaitu campuran makanan ternak sapi, kambing, domba,  ayam dan ikan. (Mawardi - Balittra)