JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Eceng Gondok Untuk Peralatan Rumah Tangga

Eceng Gondok Untuk Peralatan Rumah Tangga

 

  

 

Eceng gondok merupakan tumbuhan air yang hidupnya mengapung. Penduduk Kalimantan Selatan mengenal eceng gondok dengan nama ilung. Pertumbuhan dan penyebarannya cepat menjadikan eceng gondok sebagai gulma bagi petani. Eceng gondok dapat menutupi perairan, lahan persawahan dan kolam-kolam.

 

Tumbuhan eceng gondok tidak mempunyai batang, berdaun tunggal, berwarna hijau, permukaan licin, berbentuk oval, ujung dan pangkalnya meruncing, pangkal tangkai daun menggelembung. Bunganya terlihat cantik dan indah, berwarna ungu muda, merupakan bunga majemuk, berbentuk bulir.

 

Eceng gondok dapat memberikan keuntungan diantaranya : (1) pada kolam ikan, eceng gondok berfungsi sebagai pelindung dari sengatan matahari langsung, tempat sarang ikan dan makanan dari jenis ikan tertentu, (2) akar eceng gondok bisa berfungsi sebagai penyerap kotoran, (3) sebagai mulsa untuk menjaga kelembaban tanah pada budidaya tanaman pot, seperti tanaman seledri, tomat, cabai dan terong dan, (4) sebagai bahan produk keperluan rumah tangga.

 

Kelompok pengrajin anyaman dari Margasari (Kabupaten Tapin) membuat berbagai macam produk bahan eceng gondok yang dikeringkan. Dengan keahlian menganyam, mereka membuat berbagai macam tas. Variasi lain dari bahan eceng gondok adalah tempat tisu, map, kotak pensilserta berbagai produk rumah tangga. (Rahmiyati - Balittra)