JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Labu Unggul Varietas Jual Asal Kalimantan Selatan

Labu Unggul Varietas  Jual  Asal Kalimantan Selatan

 

 

 

“Waluh teruuus”, itu istilah masyarakat Suku Banjar yang selalu disuguhi sayur bening campuran bayam, jagung dan labu atau waluh (Bahasa Banjar).  Selain campuran sayur bening, penduduk Kalimantan Selatan juga mengolah labu menjadi kue tradisional seperti pais, kolak dan bingka.  Teknologi pengolahan hasil menjadikan lebih bervariasi lagi, seperti dodol dan bubur. 

 

Di Desa Tigaron, Kecamatan Juai, Kabupaten Hulu Sungai Utara menyimpan kekayaan alam berupa plasma nutfah  buah labu istemewa, oleh karenanya diterbitkan melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian No 221/Kpts/TP.240/4/2001 bahwa labu tersebut sebagai varietas unggul dengan nama Varietas JUAI (Tabel 1).

 

Labu juai cukup adaptif  ditanam di daerah rawa lebak terutama pada musim kemarau, dengan hasil 1.500 sampai 2.000 buah/ha atau setara 7,5-10 ton/ha. Seperti halnya buah labu lainnya, labu juai juga memiliki daya simpan yang lama, sehingga masa pemasarannya juga lebih lama. Sebagai bahan sayuran atau makanan, labu ini memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Hasil analisisnya mengandung gula 6,60%, karbohidrat 8,79%, serat kasar 1,71% dan kadar air 87,35%.(Pansyah - Balittra)